Cara Mendidik yang Mengajarkan Anak Berbohong

Anak Berbohong.
Cara mendidik yang mengajarkan anak berbohong - Ada banyak model dan gaya mendidik yang tidak disadari oleh orang tua yang bisa berakibat fatal dalam perkembangan anak mereka. Dalam tulisan ini saya akan berbagi pada sahabat "my education" tentang kesalahan-keslahan yang tidak disadari para orang tua ketika mendidik anaknya dan itu adalah cara mereka mengajarkan sang anak untuk berbohong. 

Inilah cara-cara mendidik anak yang bisa berpotensi dalam mengajarkan anak untuk berbohong. 
Contoh kasus: ketika anak anda masih balita tentu anda akan mengalami kesusahan dalam mendidiknya, misalkan ketika ia menangis dan suasah untuk dikontrol. Ketika hal ini terjadi banyak orang tua yang memilih berbohong untuk menghentikan laju tangis sang anak dengan kebohongan. Contoh sederhana yang biasa terjadi di linkungan kita :" Eh nak...sayang..jangan nangis ya , nanti kalo kamu nangis terus air mata mu bisa habis dan kamu bisa mati. Dengan gertakan ini maka sang anak akan takut dan otomatis akan berhenti menangis, padahal tangisan anak sangat berguna dalam perkembangan diafragma tenggorokanya. 

Kasus yang ke dua : ketika anda pergi liburan disuatu tempat, misalkan ke pantai dan kebun binatang, tiba-tiba ketika anda berjalan sang anak jatuh dan menangis. Apa reaksi anda selanjutanya ? banyak orang tua yang menyalahkan kodok dalam kondisi ini, mereka berkta " tuh , ada kodok nak..udah papa injak-injak sampe mati ". mungkin dengan melakukan ini anak anda bisa diam, namun nanti dimasa dewasanya dia akan sadar bahwa anda telah mengajarkanya sebuah kebohongan. 

Kasus yang ke tiga : Ini adalah kasus yang sangat umum sekali, ketika memasuki petang sang anak terkadang masih senang bermain diluar padahal itu jam mengaji dan waktu shalat. Ketika kondisi ini anak anda sudah susah untuk diatur, maka apa yang harus anda lakukan ? banyak orang tua yang berbohong jua ternyata. misalkan " eh naaak..ini udah maghrib masuk rumah cepat nanti ada wewe gombel loh, nanti kamu di bawa ke langit dan di masukin ke payudaranya". hem..namnaya anak-anak kalu ditakutin sama hantu otomatis mereka akan patuh. 

Kesimpulan : cara mendidik yang mengajarkan anak berbohong bagaiamanapun bentuknya sangat tidak baik, lalu apa yang harus anda lakukan ? cobalah berikan mereka kasih sayang dan alasan-alsan yang logis sehingga mereka bisa tumbuh menjadi pribadi yang pemikir dan tidak termakan dogma yang tidak jelas. 
Salam ..