Konsep Pendidikan Karakter

Konsep pendidikan karakter - Pendidikan karakter adalah sebuah usaha yang bertujuan untuk merubah, memperbaiki dan mengatur prilaku manusia ke arah yang lebih baik dalam koridor kebenaran mutlak.Pendidikan karakter memang menjadi sebuah acuan yang sangat baik apabila konsep yang ditanamkan dalam pendidikan karakter itu benar. 

Lalu apa konsep dari pendidikan karakter itu, saya rasa tidak ada yang bisa menjelaskanya dengan konsep kebenaran mutlak, karena karakter sejati tidak bisa dilihat dengan kasat mata, tidak bisa di diskripsikan dengan sebuah teori hal ini disarakan dengan rupa karakter itu yang sangat abstrak didalam diri manusia. 

Dalam sebuah kasus anda menuduh si amat adalah lelaku bejat, padahal si amat sengaja mengetes anda. Dia sengaja berbuat bejat dalam beberapa menit didepan anda lalau anda menuduh karakternya buruk. Dasar inilah yang membuat  saya ingin berbagi pada sahabat "My education", bahwasanya karakter itu tidak sebatas teori namun jauh dari sisi praktik yang bersifat ajeg.

Untuk mempersempit bahasan kita kali ini, maka saya akan membatasinya dengan sebuah konsep yang benar dalam pendidikan karakater persi saya sendri. Disini kita semua bebas berargumen karena pendidikan karakter hak semua manusia bukan segelintir orang.

Konsep pendidikan karakter:

Berorientasi pada proses bukan hasil
Banyak yang salah kaprah ketika menanamkan pendidikan karakter khususnya dalam dunia pendidikan. Para tenaga pendidik mengejar mati-matian agar sang murid bisa berubah tanpa mengindahkan bahawa mereka sedang berada dalam proses belajar.

Beda Usia beda cara
Karkter yang ada dalam diri manusia sejatinya akan berbeda. Dimana ada yang memiliki karakter kuat dalam hal ini dan sebaliknya begitu juga pada masalah usia. Ketika manusia baru beranjak dewasa maka pola perkembangan karakternya akan cepat terbangun, berbeda dengan anak kecil dan sangat berbeda dengan orang yang sudah lanjut usia kakrakter yang melekat pada dirinya akan susah untuk dirubah. 
Usahakan kita memperhatikan hal ini dalam menanamkan pendidikan karakter pada siapa saja. 

Mantapkan Praktik bukan teori
Pendiddikan karakter itu tidak banyak membutuhkan teori namun karakter akan tumbuh dengan baik apabila diperkaya denga sebuah contoh dan praktik yang mulia. 

Inilah bahasan kita sore ini tentang Konsep pendidikan karakter 
Semoga bermanfaat.