5 Kegiatan Pembuka Sebelum Memulai Pembelajaran

Kegiatan Pembuka Sebelum Memulai Pembelajaran, startegi pembelajaran, learning, teaching, school, teacher, student, how to learn student, SMPN 2 Klaten,
dok.pribadi
5 Kegiatan Pembuka Sebelum Memulai Pembelajaran | jika anda sudah menjadi guru maka saya yakin anda sudah mengetahui langkah ini, langkah yang wajib dilakukan oleh seorang guru sebelum memulai proses pembelajaran dikelas. 

Dalam tulisan ini saya akan membagikanya lagi pada sahabat" My education" sebagai bahan renungan mungkin saja anda sudah lupa. 




Inilaha 5 kegitan pembuka sebelum memulai pembelajaran dikelas. 

Salam
Salam merupakan sebuah langkah utama yang harus dilakukan oleh seorang guru sebelum ia memulai pembelajaran dikelas. Mengucapkan salam berarti anda sudah saling mendoakan, dan menanamkan rasa kasih sayang antara murid dan guru. Ucapkanlah salam sehalus mungkin sehingga anda akan berkesan dimata siswa anda, lebih dihargai dan dihormati.

Do'a
Langkah yang ke-dua adalah seorang guru harus memimpin anak didiknya untuk berdoa sebelum memulai pembelajaran dikelas. Berdoa memohon agar diberi kemudahan dalam memahami ilmu yang akan diberikan oleh guru serta dapat mengamalkanya dengan benar.

Prsensi
Setelah berdoa, maka langkah selanjutnya adalah seorang guru harus mengecek kehdiran siswa dikelas. Melalui presensi yang rutin maka seorang guru akan lebih mudah mengenal dan melakukan pendekata emosional terhadap para murid. Selain itu, presensi juga bermanfaat untuk mengontrol kondisi siswa dalam mengevaluasi pembelajaran

Apersepsi
Langkah yang ke-empat adalah " Apersepsi", berdasarkan pengamatan saya dilapangan ternyata sangat jarang seorang guru yang melakukan apersepsi sebelum ia masuk pada materi ajar. Apersepsi sangatlah penting untuk dilakukan, apersepsi akan memberikan gambaran yang berantai bagi para siswa tentang pelajaran yang diterima hari sebelumya. Seorang guru harus mampu mengaitkan pembelajaran hari lalu dengan pembelajaran sekarang agar materi yang disampaikan mudah dipahami oleh siswa. 

Tujuan Pembelajaran
Langkah terakhir sebelum masuk memulai pembelajaran adalah menyampaikan tujuan pembelajran kita hari ini. Guru harus menyampaikan apa maksud dan tujuan yang ingin dicapai dengan materi yang sedang diajarkan hari ini. Manfaatnya adalah: siswa akan lebih tertarik dan merasa tertantang untuk memahami materi yang akan disampaikan. Sebisa mungkin seorang guru harus mampu mendesain tujuan pembelajaran yang kontekstual dan informatif bagi siswanya. 

Semoga tulisan yang membahas 5 kegiatan pembuka sebelum memulai pembelajaran kali ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Jika ada yang ingin anda tanyakan maka silahkan tinggalkan komentar anda dibawah, kami senang bisa berdiskusi dengan anda.