Pentingnya Manajemen Ekonomi Keluarga

Pentingnya Manajemen Ekonomi Keluarga |Setelah anda mampu menghasilkan uang sendiri dengan hasil kerja sendiri maka hal yang sangat penting yang harus anda lakukan adalah memahami kondisi keuangan anda. Manfaat yang akan anda dapatkan ketika bisa dan mampu memahami kondisi keuangan adalah anda akan mudah mengatur jumlah uang yang keluar dan masuk sehingga diharapkan tidak akan terjadi deposit penghasilan lebih kecil dari pada pengeluaran anda.
Ekonomi Keluarga,Manajemen EkonomiPentingnya manajemen ekonomi dalam keluarga ini bisa anda lakukan dengan cara-cara dibawaah ini

Membuat daftar belanja
Ketika anda membuat daftar belanja harian bahkan bulanan anda maka dengan mudah anda dapat memprediksikan berapa uang yang anda butuhkan dalam memenuhi kebutuhan hidup anda. Manfaatnya adalah: dengan melakukan hal ini maka anda tidak akan bingung uang yang ada belanjakan lari kemana dan buat apa. Alangkah baiknya anda bisa musawarah dengan istri anda dalam menentukan daftar kebutuhan rutin

Buat buku tabungan
ika penghasilan anda sudah rutin baik dari gaji atau penghasilan sampingan, maka saya sarankan buat buku tabungan disalah satu bank yang terdekat denga rumah anda. Selain sebagai investasi jika tabungan anda sudah banyak maka anda akan mendapatkan komisi bunga dari uang yang anda tabung.

Tanamkan sikap jujur
Dalam mengelola keuangan rumah tangga sebaiknya anda transparan dengan pasangan anda. Hal ini akan menumbuhkan rasa percaya pada keluarga anda.

Bertanya pada ahli ekonomi
Ada baiknya anda sesekali bertanya pada ahli ekonomi yang sudah mampu dan pengalaman dalam mode transaskis, penyimpanan dan pegelolaan keuangan rumah tangaa. Hal ini akan memberikan second opinion bagaimana cara dan tindakan yang tepat dalam mengelola keuangan anda.

Membangun visi dan  misi yang sejalan

Kunci keberhasilan yang paling utama dalam mengelola keuangan adalah cara berpikir yang sama dengan tujuan serta langkah yang serupa. Ada baiknya anda memantapkan visi misi yang sejalan dengan pasangan anda demi sebuah kerukunan dan keharmonisan hubungan.