Pentingnya Menguasai Materi ajar Bagi Guru

Guru, mengajar, Materi ajar, [endidikan. guru kreatif, inovatif
dok pribadi
Selamat pagi sahabat “My Education”, kali ini saya akan sedikit membagi informasi yang sangat berguna bagi para pendidik di manapun anda berada. Perlunya menguasai materi ajar bagi guru adalah tema tulisan yang akan saya bahas pada kesempatan ini.
Sebelum kita memasuki pada esensi tulisan ini,alangkah baiknya kita mengetahui pengertian dari materi dan sebarapa pentig materi bagi siswa serta seberapa penting seorang guru dalam menguasai materi. Ke-tiga bahasan diatas akan mengisi tulisan kali ini.

Kita mulai dari pengertian materi secara umum, materi dalam ilmu fisika dan kimia tentu berbeda dengan materi yang kita bicarakan hari ini. Materi yang kita maksudkan adalah sebuah rangkaian, isi dan poin-poin dalam suatu mata pelajaran yang disampaikan oleh guru ketika mengajar dikelas.

Kemudian pertanyaan yang ke-dua “ Seberapa penting materi buat siswa”, tentu saja jawabnaya sangat penting. Namun materi yang penting terkadang bisa membosankan siswa, jika tidak disampaikan dengan metode-metode yang menarik dalam pembelajaran.  Materi akan menunjaang keberhasilan siswa dalam menguasai materi pelajaran serta memperluas pengetahuan siswa.

Sampailah kita pada inti pembahasan kali ini, “ Perlunya atau pentingnya Penguasaan materi bagi seorang Guru. Menguasai mater ajar sebelu memasuki kelas dan menyampaikan pelajaran adalah harga mutlak yang tidak bisa ditawar-tawar. Jika ada seorang guru memasuki kelas namun materi yang akan diajarkan tidak dipahami sepenuhnya ini adalah kesalahan fatal.
Normalnya guru yang bertanggung jawab adalah dia yang selalu memperhatikan perkambangan siswanya melalui kerja keras dalam memahami pembelajaran dan menciptakan kelas yang menarik. Perlunya penguasaan materi bagi guru merupakan sebuah standar yang nyata, dimana seorang guru harus benar-benar mengasah kemampuan profesinya sebelum ia menjadi seorang guru.

Tulisan sahabat yang mungkin anda sukai

Seomoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi sahabat semua, khususnya sahabat “My education”.