Pentingnya Manajemen Pendidikan

Pentingnya Manajemen Pendidikan- Ketika kita membicarakan masalah pendidikan secara mikro dan makro maka tidak akan lepas dari sebuah cara dalam mengaturnya agar berjalan secara sistematis. Kegiatan mengatur dalam dunia pendidikan ini dikenal dengan manajemen pendidikan. 

Untuk membahas tulisan ini agar terkupas lebih mendalam maka ada beberapa pertanyaan yang kita ajukan dalam topik ini: 
yang pertama : Apa itu manajemen pendidikan ?
ke-dua : Untuk apa manajemen pendidikan ?
ke-tiga: Apa manfaat manajemen pendidikan ?

Itulah beberapa pertanyaan yang harus terjawab dalam tulisan ini agar kita bisa mengetahui dan memhamai pentingnya manajemen pedidikan. Sekarang kita jawab satu persatu.

Apa itu manajemen pendidikan
Manajemen pendidikan merupakan sebuah rangkaian cara yang disusun secara sistematis dengan tujuan mengontrol semua yang ada dalam struktur pendukung dalam dunia pendidikan itu. Struktur itu bisa berupa sarana dan prasarana penunjang mutu pendidikan itu, seperti: Banguanan, guru, jalan, gedung sekolah sampai pada praturan yang ada dalam lingkup makro dari pemerintah pusat sampai ke lingkup mikro dilingkungan sekolah itu sendri.

Untuk apa manajemen pendidikan
Manajemen pendidikan berguna untuk mengatasi semua masalah yang tidak bisa diselesaikan secara personal dalam lingkup sekolah. Manajemen akan memberikan sebuah arah dalam megembangkan mutu sekolah secara terarah. 

Manfaat manajemen pendidikan
Manfaat manajemen pendidikan secara garis besar adalah tidak lain untuk memudahkan pengaturan, pengawasan dan pengkoordiniran manajemen yang ada di pusat, daerah sampai ke lingkungan sekolah.
Semoga tulisan yang membahas pentingnya manajemen pendidikan ini bisa bermafaat bagi kita semua.