Pengertian Transportasi - Masalah Perkembangan Transportasi Darat Udara



Pengertian Transportasi - Masalah Perkembangan Transportasi Darat Udara - Transportasi merupakan sebuah proses perpindahan barang, manusia dari tempat yang satu ke tempat yang lainya dengan tujuan tertentu. Pengertian transportasi ini akan mengalami beberapa pergeseran sesuai dengan tempat, kondisi dan obyek yang ada didalamnya. Transportasi sendiri lajimnya dibagi menjadi tiga bagian yaitu : Transportasi darat, laut dan udara. 

Perkembangan dan MasalahTransportasi : Seiring perkembangan ilmu dan teknologi ternyata tidak memberikan dampak yang begitu bagus dalam bidang transportasi kita. Kecelakan demi kecelakan makin hari terus terjadi, terkahir beberapa hari yang lalu dunia transportasi kita mengalami kecelakaan yang menelan banyak korban jiwa. Kreta api di Grogol, tergelincirnya peswata terbang, bus yang terjun ke jurang adalah beberapa fakta yang menggambarkan betapa buruknya sistem transportasi kita dewasa ini. 

Dalam tulisan ini kami ingin memberikan beberapa masukan terhadap bapak Menteri perhubungan, dan semua kalangan masyarakat kita. Memang kematian adalah sebuah takdir, lalu apakah itu yang menjadikan landasan kita tidak memperbaiki sistem transportasi, masih mengabaikan keselamatan penumpang, masih lalai akan peraturan dan masih betah menggunakan alat-alat lama yang sudah tidak layak pakai. 

Indonesia sendiri merupakan salah satu negara yang memiliki penduduk terbesar di Dunia, penduduk yang menggunakan alat transportasi paling padat di Dunia dan sekaligus memiliki track record kecelakaan transportasi terbesar di Dunia. Seharusnya semakin banyak pengguna alat transportasi maka perbandingan dari sisi safety diperhatikan namun apa mau dikata mental negara ini adalah mental korup dimana para pemimpinya egois dan tidak peduli pada masyaraktnya, uang Rakyat di korupsi, uang transportasi entah lari kemana. 

Kami hanya bisa memberikan beberapa solusi bagaiaman meminimalisir kecelakaan transportasi di Indonesia, inilah beberapa saran dan masukan yang akan kami berikan :


      Membenahi rambu-rambu lalu lintas
Rambu-rambu lalu lintas terkadang menjadi sebuah polemik panjang, mislakan saja pada kasusu kecelakan kreta apai di Grogol Jakarta selatan. Menuru beberapa sumber penyebab utama kecelakaan adalah karena lampu sirne kreta api telat berbunyi. Perntanyaanya, kenapa ini bisa terjadi, apakah para pengurus di PT KAI mengabaikan hal ini atau alat yang digunakan sudah tidak layak pakai sedangkan pemasukan dari para penumpang terus masuk. Tidak seimbang memang dengan biaya transportasi yang makin hari makain naik akan tetapi service yang didapatakan sangat buruk. 

      Mengecek ulang alat transportasi
Pengecekan ulang alat transportasi baik darat maupun laut sangat perlu dilakukan sebelum alat transportasi itu digunakan. Masih banyak ditemukan alat trnasportasi yang tidak layak pakai kemudian mengalami kecelkaan dan baru mendapat tanggapan serius. Apkah pemebnahan hanya dilakukan apabila korban sudah berjatuhan ? yah,, itulah negara kita, lebih senang melihat kecelakaan daripada melakukan tindakan preventif akan hal itu. 


       Menumbuhkan kesadaran pengguna alat transportasi
Ini masuk pada model budaya masyarakat kita yang memiliki hobi srobot dan tidak betah antri dengan rapi. Bayangkan saja apabila anda berada pada jalan tol, setiap pengguna dengan enaknya meyerobot jalan padahal itu bukan jalurnya. Penegakan hukum atas orang-orang yang seperti ini harus diperketat demi keselamatan pengguna jalan yang lainya. 

      Kondisi jalan yang rusak
Khususnya bagi anda pengguna trasnportasi darat mungkin kondisi jalan rusak, berlobang sudag menjadi pemandangan yang biasa. Kondisi ini sangat memungkinkan terjadinya kecelakaan dan menelan korban jiwa. 

5     Human eror
Inilah yang menyebabkan terjadinya banyak kecelakaan lalu lintas. Faktor kecerobohan kita sendiri akan mengakibatkan hilangnya nyawa orang lain. Biasnya rasa ngantuk ketika mengemudi akan menyebabkan kecelakaan yang sangat cepat. Usahakan jika anda mengemudi jangan sampai rasa ngantuk meyelimuti anda. Jika sudah mersa ngantuk maka cepat istirahat. 

Inilah kiranya bahasan kita kali ini yang membahas tentang Pengertian Transportasi - Masalah Perkembangan Transportasi Darat Udara di Indonesia, semoga bisa menjadi renungan kita bersama.