9 Kunci Menjadi Wirausaha Sukses

Mindset pengusaha sukses harus sejalan dengan tindakan yang akan diambil dalam setiap keputusan. Berani memutuskan sebuah usaha berarti sudah berani menaggung smua resiko yang mungkin akan terjadi, mislakna resiko terburuk seperti bangkrut. Banyak orang yang takut memasuki dunia usaha dikarenakan takut mengalami kegagalan, padahal kita belum tahu dan tidak bisa menebak apa yang akan terjadi dengan usaha yang kita lakukan hari ini. 
 
Seorang pengusaha sukses tentunya mereka yang sudah pernah mersakan pahit getirnya kehidupan, kesuksesan tidak akan hadir secara begitu saja melainkan melalui proses panjang yang mendewasakan manusia, dan kesuksesan sejatinya berada pada orang - orang yang memilki prinsip dalam hidupnya. 


Dalam ulasan kali ini, kami akan sedikit berbagi pada sahabat semua mengenai 9 kunci kesuksesan yang mungkin anda sudah melakukan diantaranya atu bahkan sudah melakukan namun tidak menyadari sepenuhnya. Inilah bebarap cara menuju kesuksesan : 


1.      Memiliki target
Salah satu yang dilakukan oleh wirausaha adalah menentukan target yang akan mereka capai kedepanya. Bisa target jangak panjang, menengah dan sekarang, menentukan target dalam hal ini merupakan salah satu cara dalam memotivasi diri untuk bersaing dan memenangkan pasar. 

2.      Menentukan tujuan
Setelah target anda sudah tersusun dengan mantap, maka saatnya anda fokus pada tujuan. Fokus dalam tujuan berarti anda sudah menyiapkan langkah-langkah, peralatan, perlengkapan dan modal yang menunjang keberhasilan mencapai tujuan yang anda inginkan. 

3.      Berpikr kreatif dan inovatif
Kunci wirausaha sukses adalah tidak meniru apa yang sudah ada, karena belum tentu usaha yang dijalankan oleh orang yang sudah sukses cocok dengan anda. Usahakan anda bersikap real dalam hal ini, pikirkan trobosan baru dan ide-ide kreatif yang memungkinkan usaha anda tampil beda, unik, dan yang paling penting prospek pasarnya menjanjikan. 

4.      Take action
Inilah yang menjadi kendala besar seseorang tidak pernah maju dalam memulai usaha. Mindset orang Indonesia sudah tertanam dari dulu, jika berbisnis itu adalah tempat kumpulnya para penipu dan rasa takut akan kegagalan terus menyelimuti. 1000 kali berpikir dan baru 1 kali melakukan tindakan. 

5.      Trial and Eror
Guru yang paling baik adalah pengalaman, mulailah beranikan diri anda untuk terus mencoba. Kegagalan hanyalah bagian dari kesuksesan anda yang tertunda aslkan kerja keras dan cerdas masih anda tanamkan. 

6.      Mampu meramal masa depan
Meramal masa depan disini diartikan sebagi sebuah cara berpikir yang bisa memprediksikan kebutuhan konusmen dimasa yang akan datang ditinjau dari beberapa aspek kepentingan misalkan minat, lokasi, trand and facion dsb. 

7.      Memiliki rencana sampingan
Penting untuk anda pahami, menjadi wirausaha itu memang tidaklah gampang. Jika boleh kami sarankan jangan pernah puas dalam satu model usaha saja. Bisa saja usaha anda yang sedang anda jalankan sekarang macet. Solusinya, kembangakan beberapa usaha cadangan untuk membackup usaha utama anda apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. 

8.      Memperluas dan mengembangkan jaringan
Jaringan adalah salah satu kunci utama kesuksesan sebuah bisnis, semakin luas jaringan anda maka kesempatan perkembangan usaha anda akan semakin bagus. Bangun jaringan denga ramah dan tamah, berikan layanan yang memuaskan pelanggan. 

9.      Jujur
Kejujuran adalah kunci utama yang harus dipegang oleh siapapun termasuk ketika anda terjun ke dunia bisnis. Tanpa kejujuran semunya akan hilang dimakan jaman, kebohongan secuil akan merusak reputasi anda selamanya. 

Inialah 9 kunci menjadi wirausaha sukses yang bisa kami bagikan buat sahabat semua, semoga langkah-langkah ini bisa menjadi pembelajaran bagi kita. Negara ini tidak hanya membutuhkan pekerja dengan misi yang mulia akan tetapi, yang terpenting adalah bagaiamana cara melahirkan manusia baru yang mampu membangun lapangan kerja.