Artikel Pendidikan | Tips Meningkatkan Mutu dan Kualitas Pendidkan



Artikel Pendidikan | Kualitas pendidikan merupakan salah satu faktor terpenting yang menunjang perkembangan mutu pendidikan pada suatu Negara. Pendidikan menjadi salah satu pilar yang mendasari perkembangan dalam bidang-bidang yang lainya seperti bidang ekonomi, politik, budaya, pertahanan dan keamanan. Pentingnya pendidikan ini harus diimbangi dengan peningkatan kualitas yang jelas dan terfokus . Tanpa pendidikan yang berkualitas maka semua proses pembelajaran akan sia-sia
Dalam artikel pendidikan ini saya akan membagikan kepada anda beberapa cara sederhana dalam meningkatkan kualitas pendididikan dewasa ini . Inilah beberapa cara yang bisa dilakukan :
 


Pembangunan infrastruktur :Kualitas pendidikan tidak akan mengalami perkembangan yang berarti tanpa didukung oleh pembangunan sarana dan prasarana penunjang peningkatan mutu pendidikan itu sendiri. Misalkan saja pembanguanan lab komputer, akses menuju sekolah, gedung sekolah dan peralatan serta perlangkapan penunjang keberlangsungan pendidikan dalam suatu wilayan atau negara

Akses Informasi Memadai :
Siapa yang mengausai informasi maka dialah yang akan menguasai dunia, sebuah kalimat penyemangat yang menggambarkan betapa pentingnya sebuah informasi. Internet adalah salah satu jembatan yang paling cepat dan mudah yang bisa dimanfaatkan dalam mengakses informasi ini. Kualitas pendidikan akan meningkat pula apabila akses informasi diseklolah lancar dan gratis, siswa akan betah berlama-lama di sekolah.

Meningkatkan kualitas guru : Kualitas yang baik akan melahirkan lulusan yang baik juga. Kualitas guru dalam meningkatkan mutu pendidikan sangatlah penting untuk diperhatikan, melalui tangan mereka akan tumbuh tunas-tunas baru penerus bangasa ini. Ada banyak cara yang bisa dilakukan dalam meningkatkan kualitas guru, contoh sederhana pelatihan secara rutin.

Meningkatkan kesejahteraan guru
: Jangan pernah berharap kualitas pendidikan akan membaik apabila mobilisator penggerak peningkatan mutu dan kualitas pendidikan itu masih diabaikan. Sampai detik ini, masalah kesejahteraan guru menjadi salah satu hal yang di idam-idamkan dan belum terealisasikan. Banyak guru yang beralih profesi menjadi tukang ojek gara-gara di berikan gaji Rp.500.000/ tiga bulan. Seharusnya pemerintah peka akan hal ini. Contohlah negara lain dimana kesejahteraan guru menjadi prioritas utama.

Sekolah gratis
: Ini adalah masalah yang sangat dilematis , bagaimana bisa sekolah digratsikan , yang mau membayar guru honorer siapa ?. Namun, jika kita melihat kondisi ekonomi masyarakat kita masih banyak dari mereka putus sekolah karena tidak ada biaya. Sekolah gratis pada dasarnya bisa terwujud apabila dana yang 20% dari APBN disalurkan dengan tepat.

Reward dan punishment : kualitas pendidikan juga bisa ditingkatan dengan cara membangun komitmen diri dari seorang guru dalam mengajar. Pemberian hukuman dan hadiah merupakan dua sisi yang berbeda dan memiliki maksud yang sangat mulia.

Pertukaran pelajar : Pertukaran pelajar dapat berguna untuk melatih dan mengembangkan kemampuan siswa untuk menaklukan jona nyamanya. Pertukaran pelajar ini bisa dilakuan antara negara yang memilki visi serupa dalam bidang pendidikan dan kemajuan dalam hal kualitas pendidikan dimasa yang akan datang.
les privat : home schooling adalah salah satu model trand pembelajaran saat ini, pada dasarnya home schooling bukan hanya miliki siswa yang orang tuanya kaya, akan tetapi home sechooling ini bisa diartikan sebagai penambahan jam pelajaran denga cara les private.

Perpustakaan yang nayaman dan lengkap : Pengetahuan siswa akan bertambah melalui proses belajar mandiri, salah satu usaha sekolah dalam menciptakan dan menumbuhkan semangat belajar mandiri siswa adalah dengan membangun perpustakaan yang nayaman dan lengkap dengan buku-buku penunjang pendidikan yang dibutuhkan.
Inilah beberapa tips yang bisa kami bagikan buat sahabat, rekan guru, pihak sekolah dan pemerintah dalam upaya meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan. Semoga bermanfaat.