Perlukah Orang Tua Memarahi Anak

Perlukah orang tua memarahi anak- selamat pagi sahabat "My education", kali ini kami akan memberikan sedikit pembahasan tentang sikap yang biasa ditunjukan orang tua pada anak-anaknya dirumah. Sikap orang tua pada dasarnya banyak mempengaruhi pola perkembangan sang anak ke arah yang lebih baik atau sebaliknya. 

Dalam mengasuh dan membesarkan sang buah hati tentu cara setiap orang tua berbeda-beda. Disini kami akan menjelaskan satu patokan umum diamana orang tua dalam mendidik anaknya apakah perlu dengan sikap marah dan bringas. Memang tidak bisa dipungkiri jika kelakuan anak-anak dimasa pertumbuhanya banyak membuat orang tau yang jengkel, tingkah laku anak susah dikontrol dan susah untuk di nasehatin.
Memarahi Anak, mendidik anak, pola asuh anakKondisi ini terkadang banyak membuat orang tua mulai marah kepada anaknya, marahnya orang tua tentu memiliki tujuan yang baik agar sikap sang anak bisa berubah ke arah yang lebih baik. Keamarahan itu sendiri pada hakikatnya merupakan suatu luapan emosi yang tidak terkontrol yang disebabkan prilaku-prilaku yang kurang sesuai dengan kaedah yang biasanya. 

Dalam hal ini, seharusnya orang tua bisa memahami kondisi anaknya masih dalam tahap perkembangan dan membutuhkan banyak bimbingan, bukan dengan kemarahan melainkan kasih sayang. Memarahi tentu saja akan menimbulkan efek yang tidak baik pada sang anak dan itu TIDAK perlu dilakukan oleh orang tua dalam mendidik anak-anaknya. 

Sikap marah terkadang akan memberikan dampak pada pola perkembangan sang anak, anak yang besar dengan kemarahan akan cendrung keras dalam bersikap sedangkan anak yang tumbuh dengan kasih sayang akan cendrung halus dalam bersikap dan bertutur kata. 

Kesimpulan : Perlukah orang tua memarahi anak ? jawabnya tidak perlu, karena: Memarahi tidak baik dilakukan ketika mendidik apalagi dalam masa-masa pertumbuhan sang anak. Tapi, jika anak anda sudah dewasa dan perbuatanya menyimpang maka wajib hukumnya orang tua memberikan nasehat dan larangan demi masa depan anaknya agar lebih baik. 
Semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi kita semua.