Cara Mengembangkan Potensi Anak

Cara mengembangkan potensi anak | Potensi adalah sebuah kemampuan lahiriah yang dimiliki manusia sejak ia lahir, potensi ini akan terus berkembang apabila didukung oleh lingkungan yang mampu memberikan suntikan cara dan metode dalam mengembangkan potensi itu. 

Potensi Anak, cara melatih, mengembangkan, mendidik, mengajarKhususnya pada anak, maka tugas orang tua adalah mengetahui potensi apa yang ada dalam diri sang anak kemudian mengembangkanya melalui didikan yang tepat. Pada hakekatnya setiap manusia terlahir dengan kondisi otak yang kosong, tanpa pengetahuan dan pemahaman. Ligkungan dan cara mendidik adalah hal yang sangat berperan besar dalam membentuk pola pikir dan peningkatan potensi diri pada manusia. 

Ada satu hal yang harus anda tanamkan sebagai orang tua dalam mendidik anak anda, khususnya jika anda ingin menggali potensinya lebih jauh lagi. Banyak orang tua yang beranggapan jika nilai matematika anaknya kecil maka anak itu bodoh dan IQ nya cetek padahal otak manusia tersusun menjadi dua bagian dimana satu bagian memiliki peran yang berbeda dengan yang lainya. Bisa saja anak anda tidak begitu pintar dalam hal menghitung dan menghafal rumus namun apakah anda tahu jika anak anda memiliki imajinasi yan kuat dimana ia mampu menggambar dengan baik, mampu bertutur kata dengan lancar, mampu menulis dengan cermat. 

Mengembangkan potensi anak sangatlah penting, hal ini bisa dilakukan jika orang tua memiliki pemahaman dalam konsep perkembangan sang anak. Pengawasan yang intens akan apa saja yang menjadi bakat dan minat sang anak harus diketagui oleh orang tua. Ketika anda tidak mampu mengetahui dan memahami hal ini maka akan terjadi keps antara keinginan anda dengan hobi anak anda. 

Pertentangan yang terjadi dengan kondisi seperti ini 75% membuat mental sang anak tertekan, sehingga ia menuruti keingianan orang tuanya yang bukan berada pada zona hobi, bakat dan minat sang anak. Mulai sekarang cobalah pelajari gerak-gerik anak anda, berikan ia ruang untuk berkreasi tanpa ada idiom-idom yang merasuki kreatifitasnya.