6 Cara Melatih Kebiasaan Membaca Pada Anak

Cara Melatih Kebiasaan Membaca Pada Anak
Cara Melatih Kebiasaan Membaca Pada Anak | membaca adalah sebuah rutinitas yang sangat penting untuk menambah wawasan seseorang dalam sebuah tema, topic, materi, dan pelajaran yang ada disekolah. Kebiasaan membaca pada anak tentu sangat penting diajarkan sedari dini, kebiasaan ini akan membawa anak anda tumbuh dalam pribadi yang memiliki wawasan luas dan fleksibel.

Dalam tulisan ini kami akan berbagi tips bagi sahabat “my education” tentang cara melatih kebiasaan membaca pada anak.

Bimbing dari awal
Tidak ada seorang pun di dunia ini yang bisa merubah dan membawa anak anda dalam kesuksesan khusunya dalam hal memperluas wawasanya. Tugas orang tua seharusnya bisa membimbing sang buah hati untuk bisa dan terbiasa membaca dari ia masih kecil.

Belikan buku bacaan yang sesuai hobi sang anak
Ini adalah trik yang paling bagus dalam mengajarkan dan membiasakan sang anak dalam membaca. Biasanya berbeda anak maka hobi yang ia sukai berbeda. Misalkan, Jika anak anda hobi denga filem kartun maka belikan ia buku yang sesuai dengan hobinya, dengan melakukan hal ini maka anda sudah mengajarkan dan membisakan anak anda membaca tanpa ada tekanan sedikitpun.

Berikan contoh
Untuk membiasakan sang anak mulai suka membaca maka kita sebagai orang tua harus bisa memberikan mereka contoh yang nyata dengan cara membisakan diri kita sebgai orang tua untuk membaca didepan sang anak.

Ajak anak anda bermain ditoko buku
Ketika anda mulai santai dengan rutinitas kerja maka tidak ada salahnya anda mengajak buah hati anda jalan-jalan ke toko buku. Hal ini harus diseimbangkan, anak-anak apabila diajak jalan-jalan dan belanja ditoko mainan terus maka tidak baik juga untuk perkembanganya nanti.

Ciptakan suasana rumah yang nyaman
Minat membaca akan  muncul apabila dilingkungan tempat kita tinggal rapi, nyaman dan bersih. Sebisa mungkin berikan desain tata ruang yang memungkinkan sang anak betah dalam membaca.

Membuat perpustakaan pribadi
Jika anda mampu mengapa tidak anda mulai memikirkan untuk mengoleksi buku dan menaruhnya diperpustakaan pribadi anda. Ukuran perpustakaan yang bisa anda ciptakan tidak harus berukuran besar, mewah, yang penting bukunya bermanfaat dan nyaman buat anak anda.


Semoga tulisan yang membahas 6 cara melatih kebiasaan membaca pada anak bisa bermanfaat bagi anda khsusunya bagi orang tua dirumah.