10 Tips Menjadi Pekerja Profesional
By Anonymous
—
Friday, September 6, 2013
—
Kumpulan Tips
10 tips menjadi pekerja profesional | Bekerja adala sebuah rutinitas yang tidak
bisa lepas dari kehidupan manusia, orang yang bekerja dinamakan dengan pekerja
dan yang memberi pekerjaan disebuat orang yang memiliki otoritas penuh atas
pekerja.
Dalam
menjalakan pekerjaan setiap orang tentunya mendambakan sebuah hasil yang
maksimal dan memuaskan. Pekerja yang tidak dapat bekerja sesuai dengan prosedur
maka mereka dianggap belum mampu untuk meghasilkan hasil yang maksimal. Salah
satu cara untuk menghasilak pekerjaan yang berkualitas adalah dengan cara
berusaha menjadi pekerja yang profesional.
Dalam
tulisan ini saya akan membagikan sedikt tips kepada sahabat “My Education”.bagaimana
cara atau langkah-langkah yang harus disusun secara sistematis sehingga anda
bisa menjadi pekerja yang profesional. Inilah 10 tips menjadi pekerja profesional
Belajar dalam jangka waktu yang
lama
Belajar
adalah salah satu cara manusia dalam meningkatkan kualitas hidupnya. Untuk
menjadi seseorang yang profesional dalam bidangnya maka diperlukan sebuah
proses belajar yang lama, karena menjadi professional itu harus bisa dan ahli
dalam bidang yang ditekuninya.
Mengasah kemampuan
Ketika
anda sudah mendapatkan apa yang anda inginkan seperti gelar dan jabatan maka
jangan berhenti disitu. Teruslah asah kemampuan anda dalam segala bidang yang
memungkinkan mendukung bidang keahlian anda.
Jangan pernah puas
Tidak
ada batasan jabata, umur, gelar, profesi yang membuat kita untuk berhenti
belajar. Belajar adalah sebuah proses yang tidak terbatas. Jika anda cepat puas
maka siaplah untuk di kejar oleh orang-orang yang memiliki ambisi lebih dari
anda.
Menghargai etos kerja
Menghargai
pekerjaan dan apa saja yang ada dalam peraturan kerja adalah cara sederhana
yang akan memberikan damapak yang sangat besar bagi kita. Tidak ada gunanya
gelar yang tinggi namun meremehkan pekerjaan.
Komunikasi yang baik
Komunikasi
adalah sesuatu yang sangat lumerah yang harus ada dalam diri manusia. Orang
yang mampu berkomunikasi dengan baik maka ia akan mendapatkan banyak peluang
untuk berada dalam segala bidang yang ia inginkan.
Dekorasi tempat kerja
Tata
ruang kerja juga bisa memberikan efek penilaian apkah anda itu pekerja yang profesional
apa tidak. Seorang pekerja yang ruangan kerjanya berantakan dan tidak karuan
akan meimbulkan statement bahwa hasil kerja anda juga tidak beres.
Lakukan evaluasi berkala
Setiap
anda selesai mengerjakan sebuah project maka langkah selanjutnya adalah mencari
kekurangan yang ada dalam pekerjaan yang anda selesaikan. Langkah ini akan
memberikaan efek semakin meningkaynta mutu pekerjaan anda.
Sering sharing
Meskipun
anda sudah tergolong pekerja yang profesioanal maka tidak ada salahnya meminta
saran dan keritik kepada bawahaan anda. Ingat, tidak ada manusia yang sempurna
di dunia.
Membuat jadwal kerja
Seorang
pekerja yang professional adalah mereka yang memperhatikan dan mampu membuat
jadwal kerja secara teratur. Orang-orang ini cendrung akan disiplin dan
menghargai waktu. Penuh komitmen dan dedikasi terhadap kerjaan
Take action
Seseorang
yang sudah professional kebayakan menitik beratkan konsepnya pada tindakan
nyata,tidak ada waktu banyak buat beretorika dan rapat. Ada masalah, kerjaan,
maka saat itu juga harus dipecahkan. Mereka sangat visioner dan bijak dalam
menyikapi hidup.