3 Kesalahan Fatal Dalam Mendidik Anak

Keinginan yang kuat dalam diri semua orang tua untuk mendidik anaknya adalah sebuah keharusan mutlak. Semua orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk anaknya, tumbuh dengan kondisi normal, berkembang dengan wajar terlebih bisa mejadi anak yang pintar. 

Keinginan orang tua ini, terkadang tidak ditunjang dengan model pendidikan yang memungkinkan terjadinya perubahan yang diinginkan pada sang anak. Banyak orang tua menyerahkan anakanya pada pendidikan formal melalui bangku sekolah, madrasah, dll. Model mendidik yang menyerahkan kuasa penuh terhadapa sebuah lembaga tanpa adanya campur tangan dari orang tua adalah salah satu kesalahan fatal dalam mendidik anak. 

Berikut adalah kesalahan-kesalahan fatal dalam mendidik anak secara detail:

Terlalu Memanjakan Anak
Rasa kasih sayang yang sangat besar pada orang tua terkadang menjadi boomerang bagi perkembangan anaknya. Rasa sayang yang berlebihan apabila diikuti dengan memanjakan anak tentu adalah kesalahan dalam mendidik, anak yang terbiasa dimanjakan akan cendrung hidup hedonis dan sulit untuk mandiri. Jangan sampai rasa sayang anda yang begitu besar menjadikan anak anda tumbuh menjadi pribadi yang selalu bergantung pada anda. 

Terlalu Menuntut Anak
Kesalahan yang tidak pernah disadari oleh banyak orang tua dalam mengarahkan masa depan anaknya dengan cara terlalu menuntut. Kesalahan ini tidak terasa, karena niat orang tua pada dasarnya adalah baik menurutnya. Biasanya penuntutan yang sering dilakukan orang tua ini ketika sang anak memasuki masa remaja, memasuki bangku kuliah. Tentu saja keinginan orang tua baik semua, namun banyak yang kurang menyadari baiknya ingin orang tua dengan minat dan bakat sang anak apakah sama ? 

Biasanya ketika memilih jurusan pas kuliah, disini sering terjadi keps antara minat sang anak dan keinginan orang tua. Banyak anak yang tidak kuasa dalam membantah, dan alhasil dia hidup dalam masa kuliah yang memobosankan. STOP tindakan ini, karena sejatinya pemkasaan adalah bagian dari oploitasi anak. 

Memarahi Secara Berlebihan
Sikap orang tua yang geram akan kelakuan anaknya akan menimbulkan dua reaksi. Ada tipe orang tua yang pendiam dan ada yang pemarah. Diam dan marah bukan sikap yang tepat dalam mendidik anak, ketika anda diam maka sang anak akan kian melonjak dan tidak menghargai orang tuanya, namun ketika anda marah akan menimbulkan tekanan batin pada sang anak. Kemarahan yang berlebihan yang dilakukan oleh orang tua akan berakibat merengganya hubungan mereka, sang anak akan canggung ingin mencurahkan apa yang ia alami.