Cara Menjadi Guru Sukses


Selamat siang sahabat “My education” dalam kesempatan ini kami akan berbagi tentang rahasia suksesnya para guru dalam meniti karirnya. Banyak anggapan yang mengatakan menjadi guru adalah sebuah profesi yang tidak akan pernah mendatangkan penghasilan yang banyak, dikarenakan gaji dan kesejahteraan guru masih sangat rendah.

Kebimbangan para generasi muda makin hari makin kuat, banyak mereka yang sudah mulai enggan menjadi seorang guru hanya dengan alasan upah minimum yang sedikit. Selain upah ada masalah yang timbul dalam fenomena ini, rendahnya kualitas guru, susahnya jadi PNS, masih banyak yang menggunakan joki alias sogok-menyogok. Faktor-faktor inilah yang merusak tatanan dunia pendidikan di Indonesai.

Namun, pernahkan anda berpikir banyak oang yang sudah menjadi guru dan sukses dalam jangka waktu yang lama. Dalam tulisan ini saya akan membagikan cara menjadi guru yang sukses pada sahabat semua.
Cara Menjadi Guru yang Sukses

Menghasilkan karya
Seorang guru tidak hanya bertugas dalam menyampaikan pelajaran, namun guru juga dituntut agar mampu menciptakan sebuah media pembelajaran yang berguna dalam pembelajaran saat ini, esok, lusa dan nanti.

Berpikir Inovatif dan Kreatif
Guru yang sukses biasanya memiliki kemampuan yang lebih dibandingkan dengan guru yang lainya. Pikiran yang inovatif dan tindakan yang kreatif adalah kunci dari suksesnya para guru.

Menguasai 4 Kompetensi
Guru yang sukses dalam mengajar baik dikelas maupun diluar kelas adalah mereka yang sudah memiliki dan menguasai 4 kompetensi pokok yang wajib dimiliki oleh guru. Kompetensi professional, sosial, pedagogy, invidual, kompetensi ini nantinya akan mengantar seorang guru lebih gampang dalam memahami perkembangan pendidikan dan kondisi peserta didik.

Menjadi Penulis
Banyak guru yang sukses dengan merangkap sebagai penulis. Penulis-penulis buku ajar, pengayaan, modul, adalah beberapa model buku yang dicetuskan oleh para guru yang suka menulis. Jika anda ingin sukses menjadi seorang guru, tidak ada salahnya mencoba langkah ini.

Cukup sekian yang bisa saya sampaikan buat sahabta “ My Education”, dilain kesempatan kita akan lanjutkan denga tulisan yang lain. Semoga bermanfaat.