Pentingnya Ketepatan Penggunaan Metode Pembelajaran

metode pembelajaran, mike match, role playing, snow ball, guru cerdas, kreatif , inovatif
dok Pribadi
Selamat pagi sahabat 'My Education", semoga hari ini kalian berada dalam lindungan Tuhan diberi kesehatan, kemurahan rizki dan kesempatan yang luas untuk belajar. Setelah beberapa hari yang lalu saya menuliskan beberapa poin penting misalnya Metode Pembelajaran yang Menarik, maka kali ini saya akan membagikan sedikit tulisan yang membahas Pentingnya ketepatan penggunaan metode pembelajaran. 



Setelah kita bergelut bertahun-tahun dibangku kuliah pasti kita akan mengenal banyak metode dalam pembelajaran. Banyaknya metode itu tidak serta merta bisa diterapkan dalam semua kondisi, tingkat, dan mata pelajaran yang kita ajarkan. Oleh karena itu, kita perlu mengetahui intisari dari masing-masing metode yang akan kita gunakan dalam mengajar pada setiap materi ajar yang akan kita sampaikan.

Ada beberapa klasifikasi metode pembelajaran menurut pengetahuan penulis, jika anda memiliki opini yang lain maka silahkan tuangkan dalam komentar dibawah ini. Metode-metode yang melatih kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah misalanya anda bisa menggunakan inquiry, mind mapping, diskusi, debat, teka teki silang dll. Namun ada metode yang bisa anda gunakan dalam keadaan santai dan gembira seperti metode snow ball throwing, mike match dll. Dan ada metode yang bisa melatih keterampilan siswa dalam memhamai secara langsung sebuah pristiwa melalui reka ulang dan anda bisa menggunkan metode role playing.

Metode-metode dan kondisi diatas bisa anda sesuaikan dengan keadaan siswa anda tentunya. Jangan sampai salah menggunakan metode dalam pembelajaran sehingga kelas menjadi sepi dan membosankan. Kesalahan dalam menggunakan metode adalah salah satu faktor penyebab rendahnya mutu pendidikan. 

Selain bisa mengajar dan menguasai metode serta ketepatanya anda juga harus bisa menjadi guru yang mampu memberikan motivasi bagi siswa anda.

Mungkin sampai disini bahasan kita tentang pentingnya ketepatan penggunaan metode pembelajaran, dilain kesempatan kita akan membahas yang lebih dalam lagi. Jika ada saran dan masukan dari sahabat yang lain, kami persilahkan dengan senang hati kami bisa sahring bersama kalian semua.
Semoga bermanfaat

Salam..