4 Cara Melatih Kesabaran Anak

Melatih anak sama saja dengan menanamkan sesuatu pada dirinya. Oleh karena itu, latihlah anak anda dengan hal-hal yang bermanfaat dalam kehidupannya, sehingga sang anak akan berguna bagi dirinya, keluarga, bangsa dan negara. 

Salah satu sikap mulia yang harus ada pada anak adalah sifat (sikap) sabar. Melatih kesabaran pada anak sangat susah dan harus melewati pengorbanan, namun apabila kita berharap pada hasilnya maka sungguh luar biasa nantinya. Kesabaran akan berbuah manis apabila ditanamkan sejak awal, diajari sejak dini terlebih pada sang anak dimasa perkembanganya.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat ditempuh dalam melatih kesabaran anak.
Cara Melatih Kesabaran Anak

Bedakan Kebutuhan dan Kepentingan Anak
Membedakan mana yang termasuk kebutuhan dan kepentingan bagi anak adalah sangat penting, disamping melatih kesabaran sang anak dalam pemenuhan keinginanaya diatas kebutuhan pokoknya dapat juga memberikan dampak pada kondisi ekonomi keluarga. Kebutuhan sang anak terkadang tidak terpenuhi dikarenakan rasa sayang orang tua yang berlebihan, banyak orang tua yang cendrung menuruti keinginan anaknya dari pada pemenuhan kebutuhanya.

Tunda Keinginanan Anak Anda
Namanya juga anak kecil, jika sudah menginginkan sesuatau atau mainan maka harus dibelikan atau dipenuhi jika anda tidak mau melihat sang anak menangis. Keinginan orang tua yang selalu ingin melihat anaknya bahagia maka tidak usah pikir panjang, semua keinginan yang bisa membuat sang anak senang pada waktu itu harus dipenuhi. Cobalah tunda keinginan sang anak untuk melatih kesabaranya, toh barang yang diinginkan sekarang belum tentu besok dan lusanya masih disenangi oleh anak anda. Menunda keinginan sang anak harus dibarengi oleh alasan-alasan yang logis sehingga sang anak tidak merasa dirinya sedang ditunda keinginanya oleh orang tua. 

Berikan Mereka Pemahaman Pentingya Kesabaran
Mulailah perkenalkan pada anak anda mengenai kesabaran, dampak positif dan negatif orang yang tidak sabar dan penyabar. Memberikan teori kemudian peraktik adalah cara terbaik dalam mentransformasikan ilmu pada sang anak. 

Berikan Contoh 
Jika ada orang tua yang ingin mengajarkan anaknya tentang kesabaran maka mau tidak mau sikap orang tua harus sabar. Sikap kita akan menjadi cermin yang sanantiasa memantulkan sinar ilmu pada buah hati kita, kelakuan orang tuanya akan turun pada sang anak. Memberikan contoh tentang kesabaran berarti anda telah melatih anak anda menjadi pribadi yang penyabar. 

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat buat sahabat "My Education".