Belajar dan Bermain

Ada sebuah konsep pembelajaran yang sangat baik, konsep belajar sambil bermain adalah salah satunya. Konsep ini terkadang banyak disalah artikan karena konsep belajar menekankan pada sebuah trnasformasi nilai-nilai yang baik sedangkan bermain lebih cendrung pada perbuatan sia-sia dan membuang waktu dengan percuma. 

Melalui tulisan ini saya akan menguraikan bagaimana model permainan yang tepat yang harus ada dalam sebuah proses pembelajaran sehingga dapat menghasilkan suasana yang nyaman dan menambah keingin tahuan siswa terhadap materi ajar yang kita sampaikan. 



Belajar dan bermain adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan dari pola perkembangan anak. Jika kita memaksa untuk mengekang masa bermain dengan memprioritaskan belajar maka ini juga akan menganggu pola perkembangan masa kecil sang anak yang pada dasarnya mereka sangat senang untuk bermain. 

Inilah dasar kuat yang harus menjadi tolak ukur kita dalam menciptakan permainan yang mampu memberikan mereka pngetahuan bukan sekedar permainan yang sia-sia. Ada banyak pilihan yang akhirnya membuat kita memilih sebuah metode yang tepat dalam pembelajaran dengan mengkolaborasikanya dengan permainan. Disini sangat diperlukan daya imajinatif dan kreatifitas seorang guru dalam mengolah kelas dan siswanya. 

Konsep bermain yang dimaksudkan dalam tulisan ini adalah sebuah model dan metode pembelajaran yang menarik siswa larut dalam kesenagan dan tanpa disadari mereka sedang belajar. Anda bisa memanfaatkan sekian banyak metode pembelajaran untuk mencobanya. 
Semoga tulisan ini bisa menggugah semangat kita dalam meluncurkan inovasi-inovasi baru dalam dunia pendidikan. 

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat buat sahabat "my education". Jika ada saran dan kritik maka sampaikanlah demi kemajuan kita bersama dan perkembangan peserta didik yang lebih baik lagi.