4 Cara Ampuh Meningkatkan Prestasi Guru

Dalam tulisan ini saya akan sedikit berbagi pada sahabat "My education" tentang cara ampuh meningkatkan prestasi guru. Meningkatkan prestasi guru sangatlah penting, prestasi akan diraih jika semangat kerja baik dan hasil kerja memuaskan. Mutu pendidikan akan terlihat baik jika kualitas guru yang mengajar berkompeten dalam bidangnya, sedangkan kompetensi yang mantap diperoleh melalui belajar dan diakhiri dengan prestasi yang memuaskan. 

Problematika guru di Indonesia sangat kompleks, namun saya belum mampu membahas semuanya dalam tulisan ini. Untuk mengatasi problematika pendidikan yang paling mendasar sepeti rendahnya mutu pendidikan, maka solusinya sangat mudah Tigkatkan saja kualitas gurunya.

Berikut beberapa cara dalam meningkatkan prestasi guru.
Berikan penghargaan
Kinerja seorang guru dalam mengajar dan menciptakan media ajar sudah selayaknya mendapatkan perhatian khusus, mereka harus diberi hadiah yang pantas atas kerja keras mereka. Pemberian Penghargaan atau hadiah adalah salah satu pemicu meningkatknya kerja guru dan prestasinya. 



Berikan pelatihan
Meskipun sudah resmi bisa megajar dan mendapatkan hak menjadi guru tentunya hal ini tidak akan memberhentikan semangat belajar seorang guru. Dalam hal ini menteri pendidikan harus berani mengeluarkan dana dalam menyelenggarakan penyuluhan dan pelatihan rutin kepada semua guru di Indonesia. Pelatihan yang rutin dan terarah akan membuahkan hasil berupa prestasi yang baik. 

Kebebasan Informasi
Seharusnya diera moderen seperti ini tidak ada lagi guru yang ditemukan tidak mendapatkan informasi perkembangan dunia pendidikan. Informasi harus update dan tanpa batas, setiap sekolah harus memiliki koneksi internet. Hal ini akan mempermudahkan kerja seorang guru demi sebuah prestasi yang lebih baik lagi. 

Optimalkan MGMP
Musawarah guru mata pelajaran terkadang menjadi ajang reuni semata, seharusnya rutinitas ini menjadi sebuah feed back bagi seorang guru dalam mebenahi model dan hasil dalam belajar yang sudah mereka lakukan. 

Semoga 4 Tips dan Cara Ampuh Meningkatkan Prestasi Guru ini bisa bermanfaat bagi kita semua, Jika ada saran dan keritik mohon untuk dicantumkan.
Salam