4 Cara Memanfaatkan Facebook dalam Proses Pembelajaran


Kehadiran facebook sebagai sebuah media atau jejaring sosial memberikan banyak manfaat termasuk dalam proses pembelajaran. Perkembangan IPTEK akan berimbas pada kemampuan manusia dalam mengelola dan mengaplikasikan sebuah product baru termasuk facebbok. Hampir disetiap Negara termasuk Indonesia pengguna facebook sudah tidak merupakan kesulitan, setiap ada akses internet maka disitu kita akan temukan facebooker bahakan facebook bisa diakses melalui handphon dengan 0 rupiah alias gratis.

Khususnya pada kalangan anak sekolah seharusnya kita sebagai tenaga pendidik mampu melihat peluang ini. Kehadiran facebook jangan sampai hanya sebatas media chatingan, curhatan, pamer foto namun seandainya kita mau berpikir facebook bisa kita jadikan sebagai sebuah jalan dalam menyampaikan materi, diskusi yang sangat menyenangkan.

Jika anda masih bingung bagaimana cara mengaplikasikan facebook dalam proses pembelajaran maka ikutilah cara sederhana dibawah ini.

Buat Grup
Mulailah tampung anak-anak didik kita dalam sebuah wadah atau dalam aplikasi facebook dikenal dengan grup. Membuat grup atau komintas akan mempermudah seorng guru dalam mengontrol siswa. Siswa akan terkumpul menjadi satu dalam satu komunitas jejaring sosial. Keuntungan, guru bisa membagi materi ketika berada dirumah dan siswa bisa dengan mudah membuka dan membaca materi tersebut sambil chatingan dan browsing di google. Bayangkan, jika model pembelajaran seperti ini apakah siswa tidak cepet mengerti atau memahaminya. Selain itu model pembelajaran yang menarik dan menyenangkan akan ditemukan, siswa bisa belajar sambil berintraksi dengan teman-temanya.

Unggah file
Dalam sebuah grup yang anda bangun maka akan disediakan sebuah menu unggah file, maka manfaatkan menu tersebut dengan memasukkan file-file yang panjang dan penting dengan demikia siswa akan lebih mudah mengetahui mana yang merupakan tugas dan soal latihan.

Mempersempit waktu
Menyingkat dan mempersempit waktu disini bisa diartikan sebagai metode yang sangat efisien dalam poses pembelajaran. Seorang guru bisa memanfaatkan facebook dalam menjalin intraksi dengan siswanya dalam jangka waktu yang tidak ditargetkan. Berbeda dengan ketika belajar dikelas yang hanya membatasi pertemuan siswa dan guru hanya beberapa jam saja, namun lewat facebook anda bisa belajar dan berintraksi kapanpun dan dimanapun.

Pendekatan emosional
Guru yang berani brintraksi dengan muridnya secara santai dimedia sosial dia adalah guru yang tidak jaim. Guru yang ramah adalah guru yang senantiasa bersahaja dalam segala hal dan kondisi demi sebuah kemajuan cara berpikir dan peningkatan prestasi siswanya. Pendekatan emosi akan terbangun erat ketika para siswa anda mulai nyaman dengan metode pembelajaran yang anda gunakan. Belajar sambil bermain bisa ditemukan lewat facebook

Sebenarnya semua jejaring sosial memiliki manfaat yang sangat besar dalam segala aspek kehidupan namun yang bisa melihat dan melakukannya dalam realita hanya sedikit. Jika itu bermanfaat kenapa harus ditunda-tunda. Mulailah berpikir dengan teliti untuk menjadikan profesi anda lebih profesional lagi.

Semoga tulisan ini ada manfaatnya..Salam.