4 Cara Melatih Kemampuan Berpikir Anak

Pada umumnya kemampuan berpikir mulai ditanamkan sejak sang anak memasuki bangku sekolah. Namun kali ini saya akan berbagi sedikit tips melatih kemampuan berpikir anak sejak dini. Dari hasil penelitian para ilmuan ternyata ditemukan kekuatan daya ingat anak kecil jauh lebih baik dalam menyimpan memori dibandingakan orang dewasa. Dasar inilah yang mengharuskan kita sebagai orang tua untuk melatih kemampuan berpikir anak sejak awal. 

Melatih kemampuan berpikir sang anak harus melewati prosedur yang tepat, tidak asal memberikan masalah kemudian menyuruh sang anak memecahkanya lewat daya pikir mereka. Yang harus anda perhatikan disini adalah keseimbangan subyek yang memacu pola pikir anak dengan kemampuan dan daya tampung kepala sang anak. 

Pada usia balita respon sudah mulai terlihat, pada umumnya sang anak akan mulai merekam, meniru apa yang dia lihat dari aksi dan reaksi orang terdekatnya. Kondisi ini bisa anda manfaatkan untuk melatih kemampuan berpikir sang anak. Caranya sangat gampang, perhatikan poin demi poin dibawah ini:

Melalui Permainan
Kebiasaan anak yang suka bermain bisa anda manfaatkan dalam melatih pola pikirnya, sebisa mungkin belikan anak anda permainan yang mendidik yang berguna melatih pertumbuhan otak kanan dan kirinya. Misalnya; Permainan yang berhubungan dengan angka dan tebak gambar beserta namnya. 

Melalui Tingkah Laku
Model peniriaun sikap sang anak akan sangat cepat terjadi. Sebagai orang tua kita harus peka memberikan contoh sikap yang bisa membangun perkembangan pola pikir sang anak. Contohnya; Jika anak anda sedang bersama anda maka lakukan kegiatan yang postif seperti membaca, menulis, bermain komputer, merakit barang dan masih banyak yang lainya. 

Pemilihan Tempat Bermain
Lokasi tempat bermain san anak juga bisa mempengaruhi pola perkembangannya. Sebisa mungkin pilihlah lokasi yang khusus menyedikan wahana permainan yang mendidik anak.

Pemilihan Teman Bermain
Slektif dalam memilih teman bermain anak anda akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat. Temann bermain merupakan pengaruh yang sangat besar yang dapat membentuk keperibadian dan pola tingkah sang anak. 

Smeoga 4 Tips dan Cara Melatih Kemampuan Berpikir Anak ini bisa bermanfaat bagi kitas semua.