Tips Agar Aman Saat Mudik

Beberapa hari lagi menjelang acara akbar mudik besar-besaran pada hari menjelang lebaran tentu memiliki banyak kendala dalam perjalanan. Sebelum anda melanjutkan bacaan ini maka cobalah baca tulisan tentang "Tips supaya tidak lelah saat mudik". disini

Keamanan adalah faktor yang paling utama yang harus dipenuhi ketika mudik. Keamanan ini biasanya banyak diabaikan oleh para pemudik yang disebabkan oleh banyak faktor diantaranya :

Sibuk dengan barang bawaan
mudik sangat identik dengan perpindahan dari suatu kota, daerah ke tempat lain. Hal ini akan berdampak pada banyaknya barang bawaan yang menyertai si pemudik, banyak orang yang krepotan dengan barang bawaanya sehinnga mereka lali bahwa mereka sedang dalam bahaya, misalkan hipnotis yang sering terjadi. Sasran empuk pelaku hipnotis ini banyak melanda orang-orang yang dalam perjalanan jauh dikarenakan faktor kelelahan yang menyebabkan konsentrasi buyar dan sangat gampang dihipnotis.

Rasa nyaman yang berlebihan
Ini adalah pengalaman saya sendiri, ketika masih kuliah di Yogyakarta mudik bersama keluarga waktu itu. Rasa aman sudah tidak terpikirkan lagi, mengingat keluarga pasti melindungi apabila terjadi sesuatu. Ternyata saya salah. Ketika turun dipelabuhan gili manuk (Bali), saya minta ijin ke kamar mandi, disana saya ditegur oleh seorang pemuda setengah baya, ujarku dia adalah tukang parkir di Pelabuhan itu, ketika beberapa menit saya mengobrol denganya, ada rasa yang berat sekali menghinggapi mata ini. sssstt...Beberapa menit kemudian barang-barang yang saya kenakan sudah raib, mulai dari jam tangan, handphon, kalung. Duhh..malang banget nasib saya waktu itu. Kisah saya ini semoga bisa menjadi tolak ukur anda supaya lebih berhati-hati meskipun mudik bersama keluarga.

Kelelahan
Mudik dengan menempuh jarak berjam-jam, apalagi menggunkan sepeda motor pastilah ada rasa kelelahan menyelimuti kita. Tubuh ini butuh istirahat, dengan menumpang diwarung-warung, masjid, adalah alternatifnya. Saya sarankan anda jangan sampai kelelahan kemudian memilih beristirahat, karena dengan kelalahan yang berlebihan akan menghilangkan kemampuan kita dalam melindungi diri dan barang bawaan. 

Dengan menelaah faktor-faktor diatas maka kita dapat menarik benang merah, berupa tips supaya aman saat mudik. Berikut tips-tips yang akan saya bagikan : 

Perisapan yang matang
siapkanlah barang-barang anda, obat-obatan, ini berguna dalam mengantisipasi apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan dijalan. Karena ketika dalam perjalanan bisa saja toko pada buka dan apotik juga. 

Pemilihan rute
Jika anda menggunakan jalur darat, maka cobalah pilih rute yang aman dan jalanya bagus agar anda terhindar dari kemacetan dan tindak kejahatan

Jangan Sampai Batre Hp anda Habis
Ini adalah faktor yang sangat penting, Handphon adalah alat komunikasi yang bisa membantu anda apabila terjadi sesuatu dijalan. Dengan Hp anda bisa menghubungi sanak saudara  dengan cepat.

Jaga Kesehatan
Seblum mudik priksalah kesehatan anda dengan baik. 
Salam...
Semoga bermanfaat.