Poin penting yang Harus Dilakukan Oleh Guru dalam Mengajar
By Anonymous
—
Thursday, March 6, 2014
—
Menjadi Guru Profesional
Poin dalam menagajar adalah unsur
yang wajib disisipkan oleh seorang guru ketika berada didalam kelas. Poin-poin
ini nantinya diharaokan dapat meningkatkan prestasi siswa dan pembentukan
karakter yang kuat sehingga siswa bisa menjelama menjadi warga Negara yang baik
dan berbudi pekerti luhur.
Poin dalam mengajar jika saya
artikan terbagi menjadi dua. Poin ketikan pembelajaran dikelas, (indoor) dan
point pembelajaran diluar kelas(outdor). Pada dasarnya poin-poin yang harus
disampaikan memiliki esensi yang sama namun yang membedakanya hanya penekanan
dalam tujuan yang akan disampaikan.
Poin yang wajib disampaikan ketika pembelajaran di dalam kelas bisa berkisar tentang : ( Kontrak belajar, isi RPP, Silabus, Buku wajib, model penugasan, transparansi penilaian dan beberapa hal yang dianggap penting yang kiranya mempermudah intraksi antara guru dan murid). Sedangkan poin yang disampaikan ketika pembelajaran di Luar kelas berupa :( tatacara menggunakan alat bantu belajar seperti, alat pengukur tanah, timbangan, neraca, pengkur suhu, kelembaban udara, dan penggunaan alat-alat berat yang menunjang proses pembelajaran di Lapangan) .
Poin yang wajib disampaikan ketika pembelajaran di dalam kelas bisa berkisar tentang : ( Kontrak belajar, isi RPP, Silabus, Buku wajib, model penugasan, transparansi penilaian dan beberapa hal yang dianggap penting yang kiranya mempermudah intraksi antara guru dan murid). Sedangkan poin yang disampaikan ketika pembelajaran di Luar kelas berupa :( tatacara menggunakan alat bantu belajar seperti, alat pengukur tanah, timbangan, neraca, pengkur suhu, kelembaban udara, dan penggunaan alat-alat berat yang menunjang proses pembelajaran di Lapangan) .
Sekarang kita mulai bertanya,
apakah kita sudah melakukan ini semua? Saya pikir sudah, karena jika belum sangat
mustahil pembelajaran akan berlangsung. Mana mugkin seorang siswa bisa
menggunakan alat pengukur PH tanah jika gurunya tidak mengajarkanya, sebaliknya
tidaklah mungkin seorang siswa dapat belajar mandiri jika seorang guru belum
memberikan daftar sumber buku-buku yang menjadi acuan dalam pembelajaran.