Poin penting yang Harus Dilakukan Oleh Guru dalam Mengajar

Poin dalam menagajar adalah unsur yang wajib disisipkan oleh seorang guru ketika berada didalam kelas. Poin-poin ini nantinya diharaokan dapat meningkatkan prestasi siswa dan pembentukan karakter yang kuat sehingga siswa bisa menjelama menjadi warga Negara yang baik dan berbudi pekerti luhur.

Poin dalam mengajar jika saya artikan terbagi menjadi dua. Poin ketikan pembelajaran dikelas, (indoor) dan point pembelajaran diluar kelas(outdor). Pada dasarnya poin-poin yang harus disampaikan memiliki esensi yang sama namun yang membedakanya hanya penekanan dalam tujuan yang akan disampaikan.  

Poin yang wajib disampaikan ketika pembelajaran di dalam kelas bisa berkisar tentang : ( Kontrak belajar, isi RPP, Silabus, Buku wajib, model penugasan, transparansi penilaian dan beberapa hal yang dianggap penting yang kiranya mempermudah intraksi antara guru dan murid). Sedangkan poin yang disampaikan ketika pembelajaran di Luar kelas berupa :( tatacara menggunakan alat bantu belajar seperti, alat pengukur tanah, timbangan, neraca, pengkur suhu, kelembaban udara, dan penggunaan alat-alat berat yang menunjang proses pembelajaran di Lapangan) .


Sekarang kita mulai bertanya, apakah kita sudah melakukan ini semua? Saya pikir sudah, karena jika belum sangat mustahil pembelajaran akan berlangsung. Mana mugkin seorang siswa bisa menggunakan alat pengukur PH tanah jika gurunya tidak mengajarkanya, sebaliknya tidaklah mungkin seorang siswa dapat belajar mandiri jika seorang guru belum memberikan daftar sumber buku-buku yang menjadi acuan dalam pembelajaran.