6 Faktor Penting Sebelum Memulai Berwirausaha

Menjadi wirausaha adalah sebuah jalan yang akan merubah hidup kita menjadi lebih baik dan buruk. Pilihan menjadi wirausaha memang sangatlah berat, namunn apabila ini dipersiapkan dengan  matang pastilah menghasilkan keuntungan yang berlipat ganda, tidak banyak orang sukses dan kaya setelah mereka menjadi wirausahawan. 


Ada banyak faktor yang menyebabkan kita enggan untuk memulai wirausaha. Faktor-faktor itu adalah :

Modal
Keterbatsan modal akan menghambat seseorang untuk memulai wirausaha. Modal merupakan faktor yang utama bagi seseorang untuk memulai usaha, tanpa modal yang besar maka usaha tidak akan lancar, namun ada orang yang bermodalkan nekat kemudian berhasil namun ini hanya sdikit dan membutuhkan kesungguhan dan keuletan dalam menekuninya. Berbeda dengan orang yang memiliki modal, memulai wirausaha sangat gampang.

Peralatan
Peralatan adalah kumpulan faktor yang akan mendukung usaha anda. Misalkan ketika anda berkeinginan membuka usaha Rumah makan maka akan membutuhkan perlatan seperti alat masak, kulkas, alat-alat pengolah sayur, blender, dan masih banyak yang lainya. Untuk memuluskan usaha maka haruslah menyediakan peralatan yang memadai. Alasan inilah yang acap kali menjadi kendala seseorang dalam memulai berwirausah.

Perlengkapan
Perlengkapan juga harus dipenuhi jika mengharapkan usaha kita lancar dan berkembang. Perlengkapan ini bisa berupa tempat, bangunan, dekorasi ruang dsb. Jika kelengkapan sudah disiapkan maka usaha siap untuk dijalankan.  Perelengkapan yang kurang juga akan menimbulkan kendala dalam perjalanan usaha anda. Jika perlengkapan lengkap maka prosedur dalam menjalankan usaha bisa tertata rapih dan sistematis. Namun perlengkapan yang belum matang juga bisa menghambat kita untuk memulai usaha. 

Tenaga Kerja
Jika usaha anda bersekala rumahan, kecil, besar yang membutuhkan tenga orang lain dalam mengelolan baik dibidang marketing, personalia, lapangan, maka wajiblah menyediakan tenga kerja alternative atau memperkerjakan orang lain. Merekrut tenaga kerja yang terlatih dan terdidik akan mempermudah dalam penyelesaian misi usaha anda. Diluar sana masih banyak para wirausahawan enggan menggunakan jasa orang lain dan al hasil usahanya tidak berjalan.
Tentu saja memperkerjakan orang lain akan membutuhkan tambahan modal yang besar guna meberikan gaji, tunjangan dan uang pesangon.

Ramalan masa depan
Sebeluma anda memulai berwirausaha saya sarankan memperhatikan kondisi yang kan terjadi pada waktu yang akan datang. Ramalan masa depan sangat popular dalam cabang ilmu-ilmu ekonomi yang membahas tetang wirausaha. Ada banyak keuntungan jika anda memperhatikan ramalan masa depan, diantaranya;
Memenangkan persaingan usaha. Orang yang mampu meramalkan masa depan pasar, keinginan konsumen, slerea masyarakat maka dengan mudah mempersiapkan cara berwirausaha yang cocok untuk menjaadikan kolaborasi yang rapih dengan hasil ramalan yang sudah ia ramalakan.

Kondisi Pasar
Sebelum anda memulai berwirausaha maka tidak ada salahnya memperhatikan kondisi pasar. Kondisi pasar adalah gambaran umum ekspetasi konsumen yang membutuhkan barang dan jasa. Cobalah akrab dengan fluktuasi harga, inflasi, krisis moneter, kurs, palas,maka saya jamin usaha anda akan sukses.

Diatas adalah cara awal dalam memulai berwirausaha. Cara-cara dan langkah ini harus anda perhatikan dengan baik. Wirausha membutuhkan kesungguhan total dalam setiap nafas kerjanya. Salah sedikt maka akan fatal akibatnya.
Usaha yang sesungguhnya adalah aksi bukan halusinasi. Jika selama ini anda masih diperkaya oleh teori namun belum memulai maka anda belum layak disebut wirausaha.
Sekian dulu..semoga bermanfaat 

Related Posts

6 Faktor Penting Sebelum Memulai Berwirausaha
4/ 5
Oleh