4 Cara Mendidik Anak dengan Benar

Memiliki anak adalah impian setiap manusia. Namun mendidik anak adalah kewajiban yang harus dilakukan oleh manusia yang sudah dikaruniai anak oleh Tuhan yang Maha Esa. Setiap orang tua pasti memiliki cara yang berbeda-beda dalam membesarkan anaknya, perbedaan ini didasarkan pada pengetahuan tentang perkembangan anak, latar belakang pendidikan. lokasi tempat tinggal dan kondisi sang anak.

Dalam contoh sedehana, seorang orang tua yang berprofesi sebagai guru pasti dalam mendidik anaknya dengan cara-cara peekanan nilai normatif sedangkan orang tua yang berprofesi sebagai buruh tentu berbeda dengan orang tau yang berprofesi guru. 

Namun dalam kasus ini kita dapat menarik satu kesimpulan reall, bahwa setiap orang tua pasti menginginkan anaknya tumbuh secara baik dan benar. Untuk mewujudkan hal ini maka cara satu-satunya adalah memberikan pendidikan dengan Benar.
Berikut cara-cara dalam mendidik anak dengan Benar :

Jangan Pernah Mengekang
Kebanyakan orang tua masih egois dalam membesarkan anak-anaknya, lebih mengutamakan keinginan mereka ketimbang memperhatikan dan bertanya pada sang anak terlebih dahulu. Sikap mengekang orang tua ini akan menimbulkan gejolak jiwa pada sang anak, rasa tertekan akan menghantui masa pertumbuhanya.

Beri Hukuman 
Hukuman adalah sebuah metode yang digunakan untuk memberhentikan sebuah perilaku yang menyimpang. Mungkin sebagian anak ketika memasuki masa remaja banyak yang sudah mulai melanggar norma-norma kesopanan, kesusilaan, sosial, agama, yang ada ditengah masyarakat.

Jika salah satunya adalah putra/putri anda maka jangan segan berikan mereka hukuman. Hukuman disini, tentu saja hukuman yang mendidik bukan menindas.Saya rasa setiap orang tua memiliki cara tersendiri dalam hal ini.

Luangkan Waktu Sejenak
Meluangkan waktu untuk berkumpul dan mendengarkan keluh kesah sang buah hati sangat penting. Ketika memasuki usia remaja peran orang tua untuk mengintrogasi putra/putri nya harus lebih intens.

Masa-masa ini biasaya sang buah hati sudah mulai mengenal cinta.Tugas kita sebagai orang tua bukan membiarkanya terhanyut dalam rinai percintaan itu, melainkan memberikan bimbingan bangaiamana berhubungan yang sewajarnya. Untuk melakukan hal ini,cobalah luangkan waktu buat anak anda,mendengar isi hatinya terutama bagi para ibu.

Beri Hadiah
Hukuman dan hadiah adalah sebuah cara mendidik yang lagi ngetren bahasa gaulnya Rewad and punishment. Pentingnya memberikan hukuman maka harus di imbangi dengan pemberian hadiah supaya terjadi check and balance. Jika menghukum bertujun untuk merubah dari yang salah menjadi benar maka memberikan hadiah bertujuan untuk memotipasi anak selalu berada dalam kebenaran dan prestasi. Hal terpenting dalam bagian ini adalah, orang tua harus pintar-pintar kapan harus memberikan rewad dan kapan punismnet.