Evaluasi Dalam Pembelajaran di Sekolah
By Anonymous
—
Wednesday, February 19, 2014
—
Menjadi Guru Profesional
Dok Pribadi |
Evaluasi
diartikan sebagai proses pembenahan, koreksi, dari hasil kita mengajar dengan
tujuan meningkatkan hasil dan mutu dalam
pembelajaran secara khusus dan pendidikan secara umum. Evaluasi dilakuan
dalam rentan waktu yang sudah ditentukan, biasanya sekali setiap smester
melalui ujian smester dan tengah smester namun ada beberapa guru yang melakukan
evaluasi setiap selesai mengajar dikelas dengan harapan semua siswa langsung
memahami dan menguasai pelajaran hari itu juga.
Model
evaluasi, jika kita tinjau secara keseluruhan memiliki dua bentuk seperti
pembahsana diatas. Perlunya evaluasi ini akan memberikan tanggung jawab yang
berbeda antara guru yang menggunakan evaluasi triwulan, smester dan setiap
selesai mengajar. Jika guru yang melakukan evaluasi dalam rentan waktu yang
lama maka konsekuensinya terletak pada kemampuan dan penguasaan materi siswa
yang terkesan lambat, hal ini bisa menurunkan prestasi siswa. Evaluasi pada
dasaranya adalah model kontrol perkembangan daya kembang peserta didik yang
dipegang penuh oleh seorang guru.
Kebanyakan guru yang menggunkan evaluasi lama
adalah mereka yang masih betah dengan konsep jaman dulu. Guru jaman sekarang
tentulah tidak seperti itu, lakukan evaluasi setiap anda selesai mengajar,
dengan demikian beban siswa akan berkurang begitu juga dengan prestasi akan
meningkat diikuti dengan karir anda sebagai guru akan membaik.
Adapun
manfaat dari evaluasi belajar adalah sbb :
Meningkatkan prestasi siswa
Evaluasi
pembelajaran secara menyeluruh akan
menambah wawasan dan meningkatkan daya ingat siswa. Disini guru berperan dalam
membantu siswa menghafal pelajaran bukan berpangku tangan menyuruh siswa
belajar dan menghafal dirumah kemudian besoknya ulangan.
Menumbuhkan kasih sayang antara
guru dan murid
Model
evaluasi sangatlah beragam, kita sebagai calon dan yang sudah menjadi guru bisa
memanfaatkan ini untuk menjalin hubungan lebih dekat lagi dengan para
murid-muridnya. Evaluasi dalam pembelajaran adalah tahap yang paling santai,
dimana tidak ada pelajaran disana, apalagi penugasan yang ada hanya pengulangan
dan pembahsan materi-materi yang sudah disampaikan hari ini, maupun yang sudah
lampau.
Cobalah
buat evaluasi sesantai mungki tanpa ada tekanan terhadap murid anda, saya yakin
lama kelamaan mereka akan nyaman dan tidak sungkan bertanya pada mata pelajaran
anda. Mereka akan menjelam menjadi pribadi-pribadi yang kritis melalui cara
santai dalam evaluasi yang anda lakukan.
Langkah akhir yang wajib ditempuh
Evalusi
adalah langkah terakhir dalam proses pembelajaran. Mau tidak mau seorang guru
harus melewati jalan ini, evaluasi tidak mungkin dilakukan di awal pelajaran.
Karena ini merupakan langkah terakhir maka lakukanlah seoptimal mungkin. Cara
mengoptimlkanya seperti apa, nanti kita bahas ditulisan berikutnya.
Jika anda sempat bacalah tulisan dibawah ini