Evaluasi Dalam Pembelajaran di Sekolah



3 cara Evaluasi yang harus anda tahu, Cara mengajar guru, Cerdaskan siswa anda
Dok Pribadi
Evaluasi diartikan sebagai proses pembenahan, koreksi, dari hasil kita mengajar dengan tujuan meningkatkan hasil dan mutu dalam  pembelajaran secara khusus dan pendidikan secara umum. Evaluasi dilakuan dalam rentan waktu yang sudah ditentukan, biasanya sekali setiap smester melalui ujian smester dan tengah smester namun ada beberapa guru yang melakukan evaluasi setiap selesai mengajar dikelas dengan harapan semua siswa langsung memahami dan menguasai pelajaran hari itu juga.

Model evaluasi, jika kita tinjau secara keseluruhan memiliki dua bentuk seperti pembahsana diatas. Perlunya evaluasi ini akan memberikan tanggung jawab yang berbeda antara guru yang menggunakan evaluasi triwulan, smester dan setiap selesai mengajar. Jika guru yang melakukan evaluasi dalam rentan waktu yang lama maka konsekuensinya terletak pada kemampuan dan penguasaan materi siswa yang terkesan lambat, hal ini bisa menurunkan prestasi siswa. Evaluasi pada dasaranya adalah model kontrol perkembangan daya kembang peserta didik yang dipegang penuh oleh seorang guru. 

Kebanyakan guru yang menggunkan evaluasi lama adalah mereka yang masih betah dengan konsep jaman dulu. Guru jaman sekarang tentulah tidak seperti itu, lakukan evaluasi setiap anda selesai mengajar, dengan demikian beban siswa akan berkurang begitu juga dengan prestasi akan meningkat diikuti dengan karir anda sebagai guru akan membaik.

Adapun manfaat dari evaluasi belajar adalah sbb :
Meningkatkan prestasi siswa
Evaluasi pembelajaran secara  menyeluruh akan menambah wawasan dan meningkatkan daya ingat siswa. Disini guru berperan dalam membantu siswa menghafal pelajaran bukan berpangku tangan menyuruh siswa belajar dan menghafal dirumah kemudian besoknya ulangan.

Menumbuhkan kasih sayang antara guru dan murid
Model evaluasi sangatlah beragam, kita sebagai calon dan yang sudah menjadi guru bisa memanfaatkan ini untuk menjalin hubungan lebih dekat lagi dengan para murid-muridnya. Evaluasi dalam pembelajaran adalah tahap yang paling santai, dimana tidak ada pelajaran disana, apalagi penugasan yang ada hanya pengulangan dan pembahsan materi-materi yang sudah disampaikan hari ini, maupun yang sudah lampau.
Cobalah buat evaluasi sesantai mungki tanpa ada tekanan terhadap murid anda, saya yakin lama kelamaan mereka akan nyaman dan tidak sungkan bertanya pada mata pelajaran anda. Mereka akan menjelam menjadi pribadi-pribadi yang kritis melalui cara santai dalam evaluasi yang anda lakukan.

Langkah akhir yang wajib ditempuh

Evalusi adalah langkah terakhir dalam proses pembelajaran. Mau tidak mau seorang guru harus melewati jalan ini, evaluasi tidak mungkin dilakukan di awal pelajaran. Karena ini merupakan langkah terakhir maka lakukanlah seoptimal mungkin. Cara mengoptimlkanya seperti apa, nanti kita bahas ditulisan berikutnya

Jika anda sempat bacalah tulisan dibawah ini