7 Tips Menjadi guru Cerdas Disenangi Murid


Menjadi guru bukan hanya sebuah profesi melainkan sebuah tanggung jawab yang menghantui setiap pribadi yang memilih profesi ini. Tanggung  jawab seorang guru sangat besar dan mulia, ditangan mereka dipasrahkan masa depan bangsa melalui perantara peserta didik. Guru yang benar-benar menyadari bahwa disamping profesinya yang  mulia dan terhormat tersimpan banyak dilema yang harus mereka emban. 

guru Cerdas, Cara Menagajar yang baik, Metode Menagajar yang menyenangkan
Dok Pribadi
Kesalahan dalam transformasi pendidikan dan penyaluran nilai-nilai luhur harus menjadi kebutuhan utamanya. Disini guru diharuskan bisa mendidik selain mengajar karena pada dasaranya mendidik lebih sulit dibandingkan dengan mengajar. Mendidik bisa memberikan dampak yang berkepanjangan yang akan merubah model pikir dan tingkah laku peserta didik menjadi lebih baik. Sedangkan mengajar lebih menekankan  pada transformasi nilai pembelajaran yang dituangkan dalam  angka .

Guru yang cerdas haruslah memiliki kemampuan mendidik yang baik disamping kemampuan sosial, professional, pedagogik dan personal. Kemampuan yang empat ini sudah hal yang mutlak dimiliki oleh seorang guru. Yang paling sulit adalah kemampuan dalam mendidik dimana mendidik ini berkaitang dengan sisi personal, moral peserta didik. Bagaimana caranya agar kita bisa menjadi seorang guru yang cerdas. Berikut tipsnya
  • Guru yang cerdas adalah dia yang bisa menciptakan prodact baru. Menciptakan prodact baru disini lebih mengarah pada profesi sebagai guru, dimana prodact yang diciptakan berupa sebuah media pembelajaran yang menarik dengan kreasi peribadi. Manffatnya sangat banyak, selain anda akan diberi label sebagai guru cerdas juga akan dianggap sebgai guru yang mandiri tidak bermodal copy paste bahan dan media para guru sebelumnya
  • Sering-seringlah melakukan modifikasi, sleksi dan eliminasi terhadap semua perangkat pembelajaran  mulai dari RPP dan Model mengajar dikelas. Jika anda menerapkan ini maka anda akan dianggap berbeda dibandingkan dengan guru-guru yang lainya yang kebanyakan dari mereka malas dalam mengganti RPP apalagi membuat ulang.
  • Buatlah karya tulis untuk kebutuhan siswa anda. Ini merupakan salah satu credit poin untuk meningkatkan pangkat kita sebagai guru. Selain itu membuat karya juga memberikan efek bahwa anda adalah guru yang mandiri. Apa sih contoh karya yang harus anda buat ? Contoh sederhanya Modul  pembelajaran. Jika anda mau  ini juga bisa dikomersialkan loh,,bisa menghasilkan uang bagi anda. Tidak ada kerja keras yang sia-sia sob.
  • Sering-seringlah mengikuti seminar. Seminar yang berkaitan tentang perubahan kurikulum, seminar tentang penggunaan  IT dalam mengajar dan masih banyak yang lainya. Mengikuti seminar berarti anda telah menambah wawasan, dan wawasan yang luas adalah modal utama menjadi guru yang cerdas
  • Bangun link seluas-luasnya. Membangun link berarti mencari patner, menerobos keadaan  sekolah daerah lain. Ini berguna agar kita sebagai guru lebih peka dengan kondisi sekolah-sekolah yang lain, kepekaan  ini akan membawa kita menjadi seorang guru yang arif dalam mengajar dan memberi  penilaian.
  • Kembangkan slera humor dikelas. Ini sangat sulit dilakukan oleh setiap guru, kenapa hal ini sulit ? Karena tidak semua guru memiliki selera humor yang baik, disamping itu rasa jaim juga masih menyelimuti keseharian kita ketika mengajar. Rasa ingin dihormati dan menempatkan anak didik kita tidak lebih dari manusia yang harus menelan mentah-mentah semua perkataan kita. 
  • Cobalah mulai berpikir rileks, jadikan murid itu selayaknya teman bermain, teman bercanda dengan satu kata kunci tetap fokus pada pelajaran.  Seorang guru yang memilki selera humor sudah dipastikan dia adalah sosok guru yang pintar dan cerdas.
Ke Tujuh Tips diatas adalah hasil opini saya pribadi, jika opini anda berbeda silahkan saja. Semoga bermanfaat …..

Salam…