Memahami Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran

Pendekatan Kontekstual , Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran
Memahami pendekatan kontekstual dalam pembelajaran | selamat siang sahabat “My education”, kali ini kami akan membagi sedikit materi yang sangat bemanfaat dalam proses belajar mengajar. Pembelajaran yang menarik adalah ketika siswa anda mulai merasa betah dan merindukan  materi yang akan anda ajarkan, sehari tanpa bertatap muka dengan anda mereka gelisah dan penuh akan rasa rindu.

Susasana seperti ini saya rasa menjadi dambaan setiap guru dalam mengajar. Ada banyak model pendekatan yang sangat bagus dilakukan dalam proses pembelajaran dikelas, dalam tulisan ini kami ingin berbagi mengenai pendekatan ‘Kontekstual”.

Pendekatan kontekstual merupakan sebuah cara mengajar yang membutuhkan intuisi lebih dibandingkan pendekatan yang lainya. Disamping harus memiliki kemampuan mengajar seorang guru harus bisa menelaah apa saja fenomena yang terjadi saat ini kemudian di evaluasi, di eliminasi dan di kolaborasikan dengan isi materi.

Secara harfiah pendekatan kontekstual menekankan pada sebuah cara mengajar yang sesuai dengan kondisi sekarang. Pendekatan ini akan berhasil secara sukses apabila seorang guru mampu memahami materi ajar dan perkembangan informasi yang update.

Salah satu dasar yang membuat pendekatan pembelajaran kontekstual menjadi sangat penting adalah sebuah kontinuitas perkembangan jaman yang terus berubah dari hari ke hari sedangkan materi ajar yang ada dibuku jarang di rubah. Materi ajar yang ada dibuku siswa apabila diajarkan pada 5 atau 10 generasi berikutnya belum tentu bisa relevan, oleh karena itu disinilah pendekatan kontekstual sangat dibutuhkan.

Baiklah, agar anda lebih memahami pendekatan kontekstual itu seperti apa maka saya akan memberikan satu contoh dalam materi sosiologi dengan tema” Penyimpangan sosial”. Dalam materi ini usahakan  memberikan pengertian peenyimpangan sosial melalui sebuah contoh yang ada pada lingkungan siswa anda sendiri, jika dibutuhkan berikan contoh penyimpangan yang dilakukan oleh siswa anda. Cara ini akan memberikan dampak yang lebih bagus dalam pemahaman materi dari pada anda memberika contoh yang ada dibuku dan jauh dari rutinitas keseharian siswa anda.

Semoga tulisan yang membahas “ Memahami pendekatan kontekstual dalam pembelajaran” kali ini bisa bermafaat bagi kita semua.