Cara Menciptakan Kelas yang Kondusif


cara mengajar, kontrak belajar, SMPN 2 Klaten,
dok.pribadi
Cara menciptakan kelas yang kondusif | Selamat malam sahabat " My education", kali ini kami akan membagikan pada anda cara menciptakan kelas yang kondusif. Dalam tulisan ini akan membahas beberapa cara jitu dalam menciptakan suasana kelas yang membuat siswa anda nyaman dalam belajar. 
Kelas yang kondusif diartikan sebagai sebuah situasi yang meggambarkan ketenangan, keluesan, kenyamanan, yang dapat menimbulkan semangat dan manajemen kelas yang sangat baik. 

Suasana kelas yang kondusif tentu saja didambakan oleh setiap guru dalam mengajar. Kelas yang kondusif akan memudahkan tranasfer nilai-nilai yang akan kita ajarkan pada siswa kita. Inilah beberapa cara dalam menciptakan kelas yang kondusif:

1. Pegamatan karakter siswa
Seorang guru harus bisa dan mulai belajar dalam memahami dan mendalami karakter siswanya. Karakter yang dimiliki oleh siswa tentunya akan berbeda antar satu dengan yang lainya terlebih mereka berbeda tempat tinggal, latar belakang, lingkungan, maka faktor-faktor ini akan membuat karakter siswa berbeda.
Manfaat nyata ketika anda sudah mampu memahami karakter siswa anda maka anda dengan mudah mengatur model pembelajaran dan penugasan dikelas.

2. Buat peraturan atau tata tertib
Sebaiknya jika anda sudah menjadi guru atau wali kelas ada baiknya anda mulai memperhatikan kedisplinan anak didik anda demi sebuah tercapainya kelas yang kondusif. Peraturan atau tata tertib yang sengaja dibuat demi sebuah kemajuan peserta didik tentu sangatlah penting. Peraturan yang terbuat akan membuat mereka peka dan disiplin. 

3. Penguasaan materi ajar
Khusus yang tahap ke-tiga ini maka akan lebih menekankan pada kemampuan seorang guru. Seorang pendidik harus mampu menguasai materi ajar dengan baik, guru yang tidak menguasai materi ajar akan membuat perhatian siswa buyar. 

4. Konsisitensi
Jika anda sudah memiliki jurus ampuh dalam menciptakan suasana kelas yang kondusif maka langkah yang paling penting adalah sebuah konsistensi. Percuama saja apabila kita sudah lama-lama menyusun progeram dalam menciptakan kelas yang kondusif namun tidak dijalankan dengan baik dan berkelanjutan.