Cara Bijak Menghadapi Anak yang Manja



Cara Bijak Menghadapi Anak yang Manjaketika anak dimanjakan oleh orang tuanya maka ada beberapa kemungkinan yang akan terjadi, yang pertama sang anak akan terbiasa bersikap sama seperti itu sampai dia dewasa dan yang ke dua sang anak akan terus bergantung pada orangtuanya apabila dimasa menjelang usia remaja orang tua tidak merubah caranya dalam mendidik sang anak supaya lebih bisa untuk mandiri. 

Pada dasarnya setiap orang tua pasti menginginkan anaknya bahagia, namun apakah dengan memanjakan anak bisa dikatakan sebagai ukuran kebahagian anak ? yah, faktanya memang demikian.
Memanjakan anak berarti kita sebagai orang tua menuruti semua keinginanan sang anak sampai mereka puas tanpa peduli kondisi ekonomi sedang labil bahkan sampai berhutung , jika demikian adanya berarti memanjakan anak secara terus menerus tentu saja tidak bagus.

Ada masanya dimana sang anak harus berjalan sendiri menentukan tujuan hidupnya, orang tua hanya bisa membimbing dan mengarahkan saja. Bagi anda yang memiliki anak yang masih susah untuk tidak dimanjakan maka cobalah tips dibawah ini, Cara Bijak Menghadapi Anak yang Manja ; 

Cara Menghadapi Anak yang Manja

1, Menghentikan sikap sang anak
Manja identik dengan sebuah sikap atau kebiasaan. Misalkan anak anda ketika diajak keluar maka setiap lewat dipasar pasti dia menangis dan ingin dibelikan sebuah benda yang nyatanya dia sudah memilikinya. Cobalah rubah sikap anak anda dalam memandang arti pasar dan tempat belanja, tanamkan pada diri mereka sejak dini jika pasar bukan hanya tempat belanja namun tempat bertemunya penjual dan pembeli. Tumbuhkan jiwa wirausaha sejak dini pada sang anak. 

2. Memberikan alternative lain
Orang tua haruslah kreatif dalam mendidik anak. Jika anak anda menginginkan Hp keluaran terbaru yang sangat canggih, bisa internetan, bisa BBM-an maka sikap anda bagaiamana ? Jika uang banyak maka No What,,turuti saja keinginanan sang anak, namun jika uang pas-pasang apa yang harus anda lakukan ? diam melihat sang anak menangis atau berhutang demi memenuhi keinginan sang anak. Caranya hanya satu fungsikan apa yang ada dirumah anda demi memenuhi apa yang ada dalam keinginan sang anak. Gunakan Hp jadul anda untuk menukarnya akan tetapi Hp yang lebih murah dengan fasilitas yang sama meskipun kualitasnya jauh berbeda. Ingat,,model keinginan sang anak tidaklah lama, minggu depanya lagi mungkin mereka akan menginginkan barang yang lain dan begitu seterusnya. 

Inilah bahasan kita kali ini tentang Cara Bijak Menghadapi Anak yang Manja, cara mendidik anak yang manja, semoga bisa bermanfaat buat sahabat semua.