Tips Menjelang Proses Persalinan



Tips Menjelang Proses Persalinan – Ketika anda sudah memutuskan untuk mengakhiri masa lajang, maka proses persalinan pasti akan anda alami, mungkin hanya menunggu hitungan bulan saja atau bahkan sampai satu atau dua tahun lagi, tapi proses persalinan tetap akan menjadi kodrat bagai kaum hawa. Khusus bagi kebanyakan wanita masih banyak yang parno ketika mereka disebutkan kata “persalinan, ada rasa khawatir dicampur rasa tidak sabaran, mereka khawatir karena mungkin akan merasakan bagaimana rasa sakitnya, bagaiamana hidup dan mati dipertaruhkan dimasa itu, namun rasa bahagia tentu juga ada dimana mereka akan di karuniai titipian oleh Tuhan berupa bayi mungil yang nantinya akan tumbuh besar dan menjadi anak yang berbakti kepada orang tua.
Dalam tulisan ini saya akan membagikan sedikit tips bagi sahabat “my education” tentang tips atau cara serta apa saja yang harus anda lakukan sebelum menjelang proses persalinan itu tiba. 
Tips Menjelang Proses Persalinan
Tips Menjelang Proses Persalinan

1.      Usahakan anda mengetahui sistematika proses persalinan
Ini sangat penting untuk anda ketahui, meskipun orang tua jaman dulu atau orang tua kita tidak pernah memahami secara teori tentang bagaimana kontraksi itu berlangsung, kapan ketuban pecah dan apa saja tanda-tanda kontraksi mau memuncak, dan mereka melahirkan dengan kondisi yang baik-baik saja. Tapi sekarang jaman sudah berubah anda tinggal browsing di internet sudah mendapatkan banyak pengetahuan tentang teori bagaiamana proses kehamilan sampai bayi keluar itu terjadi. Tujuan anda mengetahui ini adalah agar anda sudah terbiasa dengan teori dan ketika anda berada ditangang dokter kandungan anda akan merasa nyaman.
2.      Cari Posisi Senyaman Mungkin
Ketika proses persalinan beralangsung usahakan anda mencari posisi yang membuat anda nyaman sehingga rasa sakit akan sedkit berkurang. Bila perlu anda pegang erat tangan suami anda, intinya jangan sampai gara-gara posisi anda yang tidak nyaman akan membuat proses persalinan anda berjalan lama. Jangan malu untuk menegur Dokter yang menangani anda, jika posisi anda tidak enak maka bilang saja sama dokternya maka dengan senang hati dia juga akan membantu anda. Ada beberapa posisi yang bisa meringankan rasa sakit ketika proses kontaraksi berlangsung mislkan dengan berabring sambil merangkul siapa saja yang ada didekat anda. 
3.      Konsentrasi dan pustakan pikiran anda
Menjelang proses persalinan pasti akan ada banyak sugesti yang muncul dipikiran anda, muali dari rasa was-was, khawatir, takut, bahagia, dan masih banyak rasa yang lain lagi. Dalam kondisi ini usahakan anda fokus dan yakinkan diri anda jika proses ini akan berjalan sukses tanpa meninggalkan rasa sakit sedikitpun. Memusatkan pikiran dan menghilangkan sugesti yang buruk tentang persalinan akan membuat anda enjoy dan dapat meredam rasa sakit.
4.      Menjaga mulut agar tetap basah
Pada umumnya ketika mengalami proses persalina dianjurkan agar mulut tetap dalam keadaan basa. Anda bisa melakukan ini dengan menyediakan cairan, air, es atau apa saja, fungsinya untuk meminimalisir rasa sakit ketika melahirkan. Dan yang paling penting anda harus bisa menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh anda, agar si bayi lahir dengan sehat dan anda juga akan tetap bugar paska melahirkan nanti. AKhir kata saya hanya bisa mendoakan anda para calon bunda supaya proses persalinan anda berjalan lancer dan si bayi terlahir dengan sehat. Semoga tips ini bisa bermanfaat, sekian dan terimakasih.