Keterlambatan Bicara pada Anak dan Cara Mengatasinya



Masalah keterlambatan bicara pada anak – selamat malam sahabat semua, semoga kabar kalian hari ini baik-baik saja. Dalam kesempatan kali ini saya akan membahas masalah perkembangan anak dalam berbicara yang masuk dalam katagori masalah kesehatan anak, karena anak yang sudah tertinggal jauh dengan teman sebaya nya dalam hal berbicara maka dapat di pastikan jika sang anak mengalami sebuah gangguan entah itu pada lidah, rongga mulut atau pada pendengaranya.

Banyak orang tua yang mengabaikan hal ini, ketika memasuki usia belasan bulan namun anaknya belum bisa mengucapkan sepatah kata pun lalu dibiarkan begitu saja,menunggu perkembangan anak bisa berubah dengan sendrinya. Jangan sampai anda lalai dalam maslah ini, banyak anak yang terlembat berbicara sampai mereka besar nanti mereka akan susah dalam berkomunikasi bahkan risiko terburuk sekalipun seperti bisu dan tuli bisa menghampiri buah hati anda.

Untuk memahami keterlambatan bicara pada anak setidaknya anda harus mengetahui masa-masa atau bulan pertumbuhan anak anda. Dibawah ini saya akan menjelaskan tahapan perkembangan anak dan pengaruhnya terhadap kemampuan mereka dalam mengluarkan suara.


Ini adalah beberapa tahapan perkembangan pada anak yang harus anda pahami :

Usia antara 0- Sampai 6 bulan
Ini adalah masa-masa dimana bayi pertama kali dilahirkan dari rahim ibunya,masa memaskui bulan pertama ketika bayi sudah keluar ke dunia dia akan mengelurkan tangisan yang menandakan dia bahagia sudah bisa melihat dunia dan bersedih dengan segala cobaan yang mungkin menerpa hidupnya dimasa yang akan datang.
Kemudian masuk pada usia ke 2 sampai dengan ke 3 bulan suara tangisan itu akan berubah dengan suara yang terdengar lucu dan menggemaskan, sang bayi mulai mendesah dengan suara “Akhh—Ukhh—ekhhh---okhh—“. Dalam tahap perekembangan yang masih awal ini bayi cendrung akan meniru suara bunyi yang di dengarkanya. Ketika anda mendengarkanya musik tanpa anda sadari bayi anda telah merekam suara itu dan mencoba mengeluarknya sesuai dengan kemmpaunya merasa. 

Kemudian memasuki usia 6 bulan,
Pada usia ini perkembangan bayi dalam berbicara dan menangkap, merekam segala sesuatu yang ada disekitarnya sangat bagus. Mereka sudah mulai mengeluarkan ekspresi ketika sang bayi di ajak bicara .

Usia 6-12 bulan
Pada usia 6-12 bulan, seorang bayi sudah mulai berbicara dengan menyebut nama bapak dan ibunya . Ketika sang bayi dipanggil dia akan mengerti jika lambaian tangan anda mengundang dia, ini adalah tahap perkembangan bayi ketika memasuki usia 6 –12 bulan. Sampai anak berusia 3- 5 tahun anda harus mengetahui perkembangan mereka dalam hal berbicara.

Usia 3-5 tahun
Pada usia ini daya ingat anak sangatlah bagus, dia mampu menghafal sebuah nama, tokoh dalam cerita, dan selalu ingin mendengarkan sebuah cerita yang baru. Namun, apabila sampai pada usia 3-5 tahun anak anda belum menunjukan  bahwa mereka mampu berbicara maka anda harus waspada dengan kondisi ini.

Penyebab keterlambatan bicara
1)  Gangguan artikulasi
Ini adalah peneybab yang utama sang anak tidak mampu berbicara dengan baik, tidak fasih dalam berbahasa dan tertinggal jauh dari teman-temanya. Gangguan artikulasi dalam hal pengucapakan kata yang masih keliru, kemudian kurangnya daya tangkap pendengaran, adanya gangguan pada otak, dan gangguan bahasa spesifik reseptif.
Jika anak anda mengalami kondisi yang sama dengan pembahasan diatas maka solusinya priksa anak anda ke dokter THT atau bisa meminta bantuan psikiater ..

Apa Yang Harus dilakukan orangtua ?
-          Rajin berbicara dan berkomunikasi  ; Anda harus memiliki sikap sabar dan pantang menyerah dalam melatih anak anda dalam berbicara. Orang tua adalah anda yang sangat dekat dengan anak-anak anda, berikan mereka arahan dengan kasih sayang, terus ajak mereka bicara tentang sesautu hal yang menyenangkan.
-          Membacakan cerita ; Cara sederhana membuat anak anda pintar dan mahir dalam berbahasa adalah mereka harus di perdengarkan cerita yang membuat mereka nyaman disampung  anda. Kenali keterlambatan berbicara pada anak anda se cepat mungkin dan atasi masalahnya, jika bukan anda para orang tua lalu mau berharap sama siapa lagi.
.