Alergi Susu Pada Bayi dan Cara Mengatasinya

Alergi Susu Pada Bayi dan Cara Mengatasinya - Selamat malam sahabat "my education", kali ini saya akan menuliskan sedikit tentang maslah kesehatan yang biasa terjadi pada bayi. Alergi susu adalah salah satu masalah yang sering kita temukan pada bayi. Dalam tulisan ini saya akan menjelaskan pada sahabat semua kenapa bisa terjadi alergi susu pada bayi dan apa yang harus anda lakukan sebagai ibu .

Alergi Susu Pada Bayi , Cara Mengatasinya
Alergi adalah suatu perubahan reaksi atau respon pertahanan tubuh yang menolak dan tidak tahan terhadap zat-zat yang sebenarnya tidak berbahaya. Ada berbagai cara alergen masuk ke dalam tubuh diantaranya yaitu melalui saluran pernapasan (alergen inhalatif/alergi hidup), alergi kontak (melalui suntikan atau sengatan), dan alergi makanan. Beberapa orang menyatakan bahwa alergi tidak dapat diobati dengan mudah. Kita tidak akan membahas semua jenis alergi. Alergi makanan yang akan kita bahas. Alergi makanan atau hipersensitivitas terhadap makanan yang mencakup reaksi imunologik terhadap makanan atau bahan pelengkap makanan. Alergi sendiri dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu: genetik, umur, jenis kelam
makan, jenis makanan awal, jenis makanan dan lingkungan.

Menurut penelitian yang disampaikan oleh Yolanda Candra, dkk (2011) orang dewasa (70,6%) lebih sensitif terhadap alergen makanan dibandingkan anak-anak(29,4%).    ini dikarenakan faktor fisik yang kelelahan dan aktivitas berlebih serta faktor emosi, kecemasan, sedih, stres dan ketakutan. Akan tetapi, alergi dapat pula muncul pada anak-anak ataupun bayi.  Nilai 29,4 % dari 102 orang responden menunjukkan bahwa bayi pun memiliki alergi terhadap makanan. Padahal bayi memerlukan nutrisi yang tercukupi dan terjamin demi tumbuh kembangnya. Akhir-akhir ini kita dapat melihat tayangan di televisi mengenai produk makanan atau minuman tambahan bagi bayi yang mengalami alergi terhadap protein hewani ataupun protein nabati.

Kita ketahui bersama bahwa protein banyak diperoleh bayi dari susu. Susu formula atau pengganti ASI menjadi pilihan ibu-ibu jaman sekarang yang sibuk bekerja dan mengalami kesulitan memberikan ASI eksklusif kepada bayinya. Saat ini telah banyak dikembangkan susu yang mengandung protein nabati bagi bayi yang alergi protein hewani. Sebenarnya apakah yang dimaksud dengan alergi susu pada bayi itu?
Adam fox menyatakan bahwa milk allergy is when your baby’s immune system reacts to protein in milk. It is the most common childhood allergy, affecting between two per cent anda seven per cent of babies. babies who have eczema are more likely to suffer from it.  Bagaimana kita tahu bahwa bayi mengalami alergi?

Menurut Adam Fox, "consultant paediatric allergist, if your baby is allergic she could have an immediate reaction after drinking milk or eating something with a dairy ingredient. Her face will flush and show a rash, and she’s likely to have watery eyes and stuffy nose. It’s also possible she’ll feel sick or have diarrhoea, and rarely, a more serious reaction called anaphylaxis".

Apabila telah terjadi permasalah seperti diatas maka segera bayi kita bawa ke dokter. dokter akan melakukan beberapa tes seperti tes darah, pemeriksaan kulit, menanyakan riwayat kesehatan keluarga karena alergi dapat terjadi disebabkan genetik. Jika bayi positif mengalami alergi susu maka akan lebih baik jika kita menjauhkan bayi dari susu.

"A milk allergy is not the same thing as lactose intolerance, the inability to digest the sugar lactose, which is rare in infants and more common among older kids and adults". alergi susu biasanya dialami oleh bayi berusia 3-5 tahun.

Bagaimana cara mengatasi kebutuhan protein bagi bayi yang alergi protein hewani yang ada pada susu formula pada umumnya? Susu formula dengan protein nabati dapat menjadi pilihan. Akan tetapi, susu protein nabati tidak disarankan bagi bayi berumur dibawah 6 bulan. Oleh karena itu, ASI tetap menjadi pilihan utama bagi ibu untuk mencukupi kebutuhan nutrisi bayi. apabila bayi mengalami alergi penuh pada susu maka tidak ada cara lain kecuali memberika nutrisi yang berimbang menggunakan bahan makanan lain seperti memenuhi kebutuhan vitamin dengan sayur dan buah-buahan. Alergi akan menghilang setelah beberapa waktu setelah itu bayi dapat diebri susu dengan hypoallergenic formula. setelah satu tahun, bayi dapat dikenalkan dengan susu sapi.

Hal yang sangat penting di ketahui oleh setiap ibu adalah bagaimana cara memahami dengan jelas alergi yang dialami bayi atau anak. Seluruh anggota keluarga mengetahui apabila bayi alergi terhadap susu sehingga setiap anggota keluarga dapat ikut menjaga. Keluarga memantau perkembangan alergi dengan selalu rutin berkonsultasi kepada dokter sehingga anak akan mengalami pertumbuhan yang baik dan dapat mengatasi alergi tersebut.


Semoga bahasan kita malam ini tentang seluk-beluk alergi susu pada bayi dan anak bisa bermanfaat buat sahabat semua, Salam hangat dari saya. Selamat malam.