5 Cara Mengatasi Anak yang Susah Minum Obat

Cara mengatasi anak yang susah minum obat – selamat pagi sahabat ‘my education’, bagaimana kabar kalian hari ini ? rasanya sudah lama saya tidak menulis tentang masalah pada anak. Kali ini saya sempatkan menulis lagi dikarenakan anak kaka saya juga mengalami hal yang serupa dengan tema yang saya angkat pagi ini yaitu “ cara mengatasi anak yang susah minum obat “.  

Cara Mengatasi Anak yang Susah Minum Obat
Ada sebuah masalah pada anak ketika mereka susah minum obat, banyak orang tua yang bersikap brutal pada anak mereka. Anak susah minum obat dipaksa sampai nangis, tanganya di pegang, kepalanya di tahan lalu dipaksa minum obat, apakah anda tergolong orang tua yang seperti ini ? jika benar maka silahkan anda lanjutkan membaca tulisan ini, disini saya akan mencoba berbagi dengan anda bagaimana cara menyikapi anak yang bandel minum obat.
Ini adalah bebrapa cara yang akan saya berikan bagi anda. Jika masih keliru dan kurang, silahkan anda tambahkan disini saya ingin sharing dengan anda semua, terutama orang tua dirumah yang sudah memiliki anak kecil.

Yang harus anda lakukan adalah :
1. Ubah mindset anak anda tentang obat
Biasnya ketika anak masih kecil sering di takut-takuti sama orang tuanya. Ketika anak anda bermain sampai larut malam kemudian anda berkata “ nak .. ayo tidur nanti kalo enggak tidur ibu panggilin tukang suntik loh nak “? Sebuah ungkapan yang menakuti ini pada dasarnya membuat anak anda tumbuh menjadi pribadi yang penakut ketika melihat dokter apalagi minum obat dari dokter. Mulai sekarang biasakan beriskap jujur pada anak anda.Jika anda belum tahu caranya, silahkan baca tulisan saya yang satu ini " Cara melatih anak bersikap jujur".

2. Cari waktu yang tepat
Ada baiknya anda mencari dan menunggu moment yang paling tepat kapan anda harus memberikan anak anda minum obat. Biasanya ketika anak anda sakit anda akan diberikan resep obat 3 kali sehari, 2 kali sehari. Dalam kondisi ini usahakan anda mencari kapan waktu mood anak anda sedang baik. Ketika anak dipaksakan itu tidak baik juga, tidak ada masalah anda memberikan anak anda minum obat dengan rentan waktu yang sedikit telat asalkan anak anda ikhlas untu meminumnya.
3. Alihkan perhatian anak anda
Ini adalah cara yang paling ampuh, ketika anak anda susah minum obat maka lakukan sebuah alusinasi ringan, usahakan ketika anda mau memberikan anak anda minum obat maka jangan fukuskan perhatianya pada obat yang akan anda berikan. Ajak mereka bermain, tertawa, sehingga anak anda larut dalam kesenangan dan berikan dia minum obat pada waktu itu juga dijamin sukses.
4. Menipu anak
Ini adalah cara yang ekstrim akan tetapi jika anak anda sudah terlalu bandel dan susah dikasih minum obat maka lakukan metode ini. Botol sirup atau bungkus obat cobalah anda ganti dengan makanan kesukaan anak anda. Memang anak sekarang sudah pintar bisa membedakan mana obat dan makanan, akan tetapi jika obat sudah masuk ke rongga mulutnya maka dengan mudah juga masuk ke tubuh sang anak.
5. Gunakan makanan pendamping
Ada baiknya sebelum anda menggunakan makanan pendamping untuk membujuk anak anda mau minum obat, anda haru tahu terlebih dahulu jenis makanan yang tidak boleh disandingkan dengan obat-obatan.

Inilah 5 cara dalam mengatasi anak yang susuah minum obat. Sejatinya kesehatan anak anda adalah hal yang terpenting dalam hidup ini, tidak ada satupun orang tua yang rela melihat anaknya terbaring lemah. Semoga anak anda selalu dalam keadaan sehat, salam hangat dari saya .