Cara Bersikap Adil Pada Anak

Cara Bersikap Adil Pada Anak - Selamat sore sahabat "My Education", kali ini kami akan berbagi sedikit tips dan cara agar anda bisa bersikap adil pada buah hati anda. Susah memang apabila kita ingin bersikap adil pada anak-anak kita terlebih jumlahnya lebih dari satu ditambah dengan umur yang berbeda serta jenis kelamin yang berbeda juga. Keinginan semua orang tua pada umumnya sama yaitu membahagikana anak-anaknya. 

Niat untuk membahagiakan ini bisa berupa dengan pemberian hadiah pada sang buah hati. Tapi meskipun anda sudah memberikan hadiah pada anak anda tidak akan menuntup kemungkinan ada diantara mereka yang iri dengan pemberian yang mungkin berbeda kepada saudaranya. Dalam sebuah kasus sederhana dibawah ini akan menggambarkan betapa susahnya menjadi orang tua yang bisa adil buat anak-anak.

Contoh kasus; Dalam sebuah rumah tagga yang terdiri dari 3 orang anak, dua lelaki dan satu perempuan. Anak perempuan berusia 20 tahun sedangkan anak laki-laki masing-masing berusia 13 dan 7 tahun. Ketika anda sebagai orang tua ingin memberikan hadiah buat anak-anak anda maka ketika satu yang dibelikan maka semuanya harus dibelikan tanpa terkecuali. 

Dalam kasus ini akan terjadi beberapa pertentangan tentu saja anda memberikan hadiah yang berbeda berdasarkan kebutuhan sang anak, masalahnya adalah sang anak laki-laki yang mungkin tidak mendapatkan hadiah semahal anak perempuan akan ngambek dan kesal pada orang tuanya. 

Kasus diatas memberikan pelajaran pada semua orang tua bahwa bersikap adil pada anak sangatlah penting. tapi susah. Salah satu cara mengajarkan supaya anak anda bisa menerima keadilan dalam setiap putusan anda adalah dengan memberikan Pengertian dan Pemahaman Makna Keadilan, Keadilan tidak harus memberikan sesuatu dengan sama rata dalam jumlah yang sama. Ada masanya keadilan itu bisa terwujud dalam sebuah ketidak samaan. Maksudnya ketika anda membelikan barang yang berbeda pada anak anda dengan disesuaikan dengan kebutuhanya itu sudah termasuk adil. 

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat, jika ada yang masih anda ragukan maka silahkan tinggalkan komentar anda dibawah. Kami senang bisa berdiskusi dengan anda.
Salam  ..