4 Cara Mendidik Anak yang Malas

Tugas orang tua sangatlah susah, selain membesarkan sang buah hati mereka juga memiliki tanggung jawab dalam mendidik sang anak agar menjadi pribadi yang baik. Ada banyak cara terbaik dalam mendidik anak yang bisa anda baca dalam buku dan browsing di Internet, namun tidak ada satu cara yang terbukti ampuh apabila orang tua tidak menjanlakan cara tersebut. 

Mendidik anak adalah sebuah peraktik bukan teori, pendidikan yang benar pada dasarnya terletak pada sikap kita sebagai orang tua dalam memberikan contoh pada sang anak. Ada beberapa macam sikap anak yang perlu anda ketahui sebelum memberikan pendidikan yang benar. Berbeda sikap maka berbeda pula cara mendidiknya. 

Khususnya bagi anak anda yang sudah cendrung malas atau sudah terlihat gelagat kemalasanya maka anda harus melakukan hal dibawah ini supaya sang anak kembali dengan tingkah yang sesuai dengan harapan kita sebagai orang tua. 

Berikut cara mendidik anak yang malas;
Cari sumber kemalasan 
Sikap malas yang melanda anak anda bukan serta merta hadir begitu saja, melainkan ada banyak faktor yang ikut andil menyebabkan hal itu, Misalkan pergaulan, lingkungan dll. Solusi dalam hal ini adalah mencari sumbernya dan menemukan cara dalam mengatasinya. 

Lakukan pedekatan persuasif
Pola perkembangan anak pada dasarnya mengikuti pola perubahan sikapnya. Rasa malas akan selalu timbul dalam diri sang anak. Tugas orang tua dalam hal ini tidak lain harus melakukan pendekatan emosi secara persuasif. Berikan rasa kasih sayang dan perhatian yang lebih pada anak anda.

Intropeksi diri
Intropeksi diri lebih ditekankan pada perubahan sikap kita sebagai orang tua. Bisa saja anak kita tumbuh menjadi pribadi yang pemalas disebabkan karena sikap kita sebagai orang tuanya yang ikutan malas. Mulai sekarang cobalah rubah sikap anda sehingga anak anda cendrung meniru sikap orang tuanya. 

Berikan tugas
Memberikan tugas bukan berarti anda harus leluasa menyuruh dan memberikan beban pada sang anak. Tugas disini bisa berupa pemberian kegiatan yang mengharuskan anak anda tidak malas lagi. 

Semoga tips mendidik anak yang malas ini bisa bermanfaat buat sahabat " My education". Jika ada yang ingin anda tanyakan maka silahkan tinggalkan komentar anda dibawah. Kami senang bisa berbagi dengan anda. Salam ..