4 Cara Bijak Menghadapi Anak yang Nakal

Pola perkembangan anak sangat beragam, perkembangan yang semakin hari semakin meningkat akan berdampak pada pola perubahan tingkah laku si anak. Tugas orang tua memang cukup berat dalam mengendalikan sikapdan prilaku anak agar sesuai dengan perkembangan yang diinginkan secara khusus. Semua orang tua pasti mendambakan anak yang patuh, tidak nakal dan selalu mendengar nasehat orang tuanya. Perkemabangan anak banyak dipengaruhi oleh faktor-faktor yang senantiasa tidak lepas dari kehidupannya. Faktor yang paling besar merubah pola tingkah laku si anak adalaah temann bermain, keluarga dan lingkungan. 

Dalam tulisan ini saya akan berbagi pada sahabat " my education " tentang cara bijak menghadapi anak yang nakal. Banyak orang tua yang salah dalam merespon perubahan tingkah laku anaknya terutama ketika sang anak melakukan perbuatan yang tidak sewajarnya. Model Mendidik anak yang seperti ini tentu tidak bagus untuk perkembangan anak nantinya. Mulai sekarang kita cari cara bijak dalam meghadapi kenakalan anak agar mereka bisa tumbuh dengan baik. 

Berikut cara bijak dalam menghadapi anak yang Nakal

Cara Bijak Menghadapi Anak yang Nakal

Gunakan pendekatan Preventif
Pendekatan ini sangat berguna dalam mencegah timbulnya perbuatan menyimpang seorang anak. Pendeketan preventif lebih memfokuskan bagaimana cara orang tua dalam mendidik anaknya dengan baik dan benar, sehingga bisa mencegah hal-hal yang dapat merugikan sang anak dan keluarga. 

Berikan Contoh Perbuatan yang Baik
Memberikan contoh dan teladan yang baik adalah tugas kita sebagai orang tua. Berikan contoh perkataan, perbuatan yang baik, sehingga mental perkembangan sang anak sudah terbiasa dengan kata-kata sopan dan tingkah laku yang arif dan bijaksana. Memberikan contoh merupakan pendidikan dari segi peraktik yang sangat nyata. Apabila anak anda masih berusia dibawah lima tahun dia akan cendrung mengikuti perbuatan orang-orang terdekaatnya seperti orang tua. 

Bicara dengan Nada Halus
Dalam menghadapi anak yang nakal, tentu saja sikap kita tidak bolehh ikut nakal. Disini kebijakan sikap orang tua dalam memahami anak sangat dibutuhkan. Jika anak anda sudah mulai susah untuk di perintah, maka cobalah bicara dengan nada halus dan lemah lembut, berikan ia wejangan, nasehat, sehingga ia dengan nyaman mendengarkan apa yang kita sampaikan. Cara halus ini lebih efektif dalam menghadapi anak yang nakal daripada dengan cara memarahi mereka. 

Cari Sebab Munculnya Kenakalan
Perubahan tingkah laku anak tidak serta merta timbul dengan sendirinya melainkan melalui beberapa proses yang di adaptasi melalui lingkunganya. Pengadaptasian model kelakuan yang biasanya mempengaruhi sang anak akan muncul dari para teman bahkan bisa melalui media masa. Tugas orang tua adalah mencari dan merubah pengaruh jelek itu dan menggantinya dengan pengaruh yang postif. 

Sekian dulu yang dapat saya bagikan buat sahabat " My education" Semoga bermanfaat.
Baca juga tulisan yang menarik dibawah ini :


Related Posts

4 Cara Bijak Menghadapi Anak yang Nakal
4/ 5
Oleh