5 Cara Mencegah Dampak Negatif Pergaulan Bebas Pada Anak

Cara mencegah dampak negatif pergaulan bebas pada anak | Sebagai mahluk sosial manusia tidak akan lepas dari berbagai macam interaksi antara yang satu dengan yan lainya. Model intraksi ini akan menimbulkan banyak akibat dalam perubahan cara dan sikap sang anak.
Cara Mencegah Dampak Negatif Pergaulan Bebas Pada Anak. Mencegah Dampak Negatif Pergaulan Bebas Pada Anak. Dampak Negatif Pergaulan Bebas Pada AnaPergaulan Bebas Pada Anak.  Pergaulan Bebas
Pergaulan bebas pada era ini menjadi momok yang sangat menakutkan bagi setiap orang tua tehadap dampak yang akan ditimbulkan pada anak mereka. Salah dalam memilih lingkungan dan teman bergaul akan mengakibatkan dampak yang sangat besar. Ketika anak sudah memasuki usia remaja, ABG, maka keseharianya akan dipengaruhi oleh gaya bergaul dan intraksi antar temanya, khawatir akan pengaruh pergaulan bebas yang bisa menjerumuskan anak anda adalah menjadi dasara kami membahasnya dalam tulisan ini melalui sebuah cara sedrhana yaitu :

” 5 Cara mencegah dampak negatif pergaulan bebas pada anak”.
Pemahaman arti dan makna
Sebelum anda masuk pada tahap melarang dengan nyata pada anak anda untuk menghindari pergaulan bebas, ada baiknya anda mulai menjelaskan kepada mereka apa itu pergaulan bebas, apa dampaknya dan apa saja model pergaulan yang tergolong pergaulan bebas. Penjelasan awal ini bisa membuka cakrawala anak anda dalam menelaah esensi dan makna dari pergaulan bebas yang tidak bisa lepas dari hidupnya.

Kontrol dan pengawasan
Ini adalah tugas pokok kita sebagai orang tua dalam konteks “Mendidik”, orang tau yang bertanggung jawab adalah mereka yang bisa mengawasi dan mengontrol anaknya dengan baik. Meskipun anak anda sudah dewasa maka jangan pernah berhenti memantau perkembanganya. Cara kontrol ini tentu saja berbeda, anda tidak mungkin menyamakan cara kontrol anak yang berusia 5 tahun dengan anak yang sudah dewasa. Jika anak anda sudah dewasa anda bisa memberikan kontrol dari segi emosi.

Mengajarkan hidup sederhana
Manusia yang hidup dan tumbuh dalam kesederhanaan akan cendrung rendah diri dan bersahaja. Hidup sederhana adalah pantangan yang paling ampuh dalam menghilangkan sikap gelamor yang erat kaitanya dengan pergaulan bebas.

Tanamkan nilai moral dan agama
Nilai-nilai moral sangat baik untuk ditanamkan pada sang buah hati anda dengan tujuan mereka lebih memahami mana yang termasuk sikap yang bermoral dan imoral. Sedangkan nilai-nilai luhur dalam setiap ajaran agama akan membawa anak anda menjadi pribadi yang sukar untuk diganggu oleh pengaruh-pengaruh dari pergaulan bebas.


Semoga 5 Tips  yang mengupas cara mencegah dampak negatif pegaulan bebas dalam kehidupan anak bisa menjadi acuan kita dalam mendidik dan membesakan anak agar menjadi pribadi yang berkarakter mulia.