4 Cara dan Tips Menghemat Pengeluaran Menjelang Idul Fitri

Beberapa hari lagi menjelang idul fitri tentu kebutuhan rumah tangga anda akan meningkat, selain membeli kebutuhan seperti pakaian, sandal, akan menambah daftar belanja anda. Mungkin akan tidak terasa rupiah demi rupiah akan mengalir dari saku anda untuk membeli keperluan bahkan hanya memenuhi hasrat keinginan anda saat ini. Mengatur keuangan adalah pilihan utama anda untuk berhemat, ingat setelah idul fitri berlangsung anda sudah ditunggu dengan pemenuhan kebutuhan yang sangat penting, seperti mempersiapkan peralatan sekolah berupa baju, alat tulis buat anak-anak anda dan ini juga akan menguras saku anda.

Cobalah mulai mengatur dan merinci kebutuhan anda saat ini, mana yang merupakan kebutuhan dipenuhi dan yang sebatas keinginan ditunda terlebih dahulu. Melihat fenomena ini ada beberapa Tips yang saya tawarkan buat anda supaya dihari raya nanti pengeluaran yang anda lakukan tidak terlalu boros. Inilah Tipsnya:

Perhitungkan jumlah pendapatan 
Menghitung jumlah pebdapatan sangat penting. Misalkan pendapatan anda per bulan satu juta, maka pengeluaran anda harus dibawah satu juta, sisanya bisa ditabung untuk keperluan yang lainya bahkan bisa di Investasikan

Lihat Harga Pasar
Pada bulan puasa dan menjelang idul fitri harga akan semakin melonjak naik, anda harus pintar-pintar membandingkan harga pasar didaerah anda dan daerah yang lainya. Bisa saja didaerah yang lainya indeks harga akan setabil dibandingkan daerah anda. Dengan kondisi ini akan memberikan anda beberapa pilihan mau berbelanja dimana.

Penuhi Kebutuhan Dahulu
Pemenuhan kebutuhan primer sangat dianjurkan, jika kebutuhan perimer sudah terpenuhi maka jangan cepat-cepat untuk beralih membeli kebutuhan sekunder bahkan barang mewah meskipun kondisi keungan anda stabil. 

Jangan Kalah dengan Keinginan 
Keinginan dan kebutuhan tentu berbeda, namun prodact pasar yang begitu banyak membuat kita sulit membedakan mana keinginan dan kebutuhan. Keinginan adalah semua barang yang kita ingin beli dengan menuruti hasrat batin kita. Sedangkan kebutuhan lebih ke sesuatu yang dapat menunjang kegiatan kita secara spesifik. 

Semoga tips ini bisa bermanfaat untuk anda. Sekian ..wasaalam...