Memahami Model Penyimpangan pada Anak dan Solusinya

Perilaku menyimpang merupakan sebuah kajian populer dalam cabang-cabang ilmu sosial seperti masalah-masalah sosial, patologi sosial, startifikasi sosial, sosiologi, antropologi dan masih banyak yang lainya. Penyimpangan sosial akan selalu ada dalam pola perkembangan hidup manusia, penyimpangan sosial akan tumbuh dalam setiap budaya di masyarakat. 

Memahami model penyimpangan sosial bisa memberikan manfaat pada kita khususnya bagi para orang tua dalam memahami model penyimpangan pada anak . Tentu saja pemahaman yang luas akan sebab musabab timbulnya penyimpangan-penyimpangan ringan sampai yang terberat sekalipun mengghinggapi kehidupan sang anak pada masa kecil sampai ia dewasa. 

Pengaruh lingkungan, teman, akan memberikan beberapa perubahan pada pola tingkah sang anak. Pada bahasan ini kami akan membagikan pada sahabat 'My Education" Model-model penyimpangan yang berlaku umum dalam masyarakat yang mungkin sedang menimpa anak anda dan masih bingung dalam menyikapinya, maka simaklah uraian dibawah ini.

Model penyimpangan yang berlaku secara umum yang mungkin melanda buah hati anda di Rumah.

Kenakalan remaja
Kenakalan remaja sangat rentan dengan mode pergaulan sang anak, biasaya kelakuan sang anak akan terbentuk dari pola dan tingkah laku teman dekatnya. Jika anak anda mulai berada dalamm lingkaran ini maka solusi dalam mengatsinya adalah:

  • Teguran ,Tegur anak anda sedini mungkin, berikan ia alasan-alasan yang rasional yang memungkinkan ia secara pelan-pelan memahami maksud kita bahwa pergaulanya yang sekarang kurang baik buat masa depanya nanti. Menegur anak adalah cara yang paling baik ketimbang harus memukul dan memarahi sang anak. 
  • Rubah kebiasaan sang anak, hal yang penting yang harus anda pahami jika kebiasaan anak adalah jembatan penghubung yang memungkinkan menjadi faktor utama yang menyebabkan sang anak berada dalam lingakran penyimpangan seperti kenakalan remaja. Cobalah rubah kebiasaan anak anda dengan cara mencari kesibukan yang lain yang kiranya bisa memberikan manfaat dan mengalihkan mode pergaulanya yang sekarang. 
Kesimpulan: Semua bentuk penyimpangan sosial pada dasarnya memiliki cara yang hampir sama dalam menanganinya, kita sebagai orang tua harus peka dan paham akan kondisi anak kita. Penyimpangan-penyimpangan seperti seks bebas, narkoba, miras adalah hasil dari pola hidup dan didikan yang kurang. 
Semoga dengan tulisan ini, para orang tua mulai sayang dan memperhatikan anak-anaknya.
Masa depan anak kita ada pada tangan kita.
Semoga bermanfaat...