Cara Mengajar anak SD

Cara mengajar anak SD – Selamat pagi sahabat “my education”, pada kesempatan ini saya akan memberikan sebuah acuan dalam mengajar khusus buat anda yang sedang menekuni profesi sebagai guru SD (Sekolah dasar). Megajar dan mendidik tentu saja sebuah konsep yang berbeda, dalam tulisan ini saya ingin menitik beratkan pada cara mengajar anak SD.


Anak SD adalah mereka yang masih kecil dalam kisaran usia 5-11 tahun, tentu saja dalam memberikan mereka pengajaran kita mengalami beberapa kendala pada umumnya. Sebelum saya memberikan anda cara dalam mengajar anak SD maka saya akan memaparkan beberapa Kendala yang biasa di alami dalam mengar anak SD.

Inilah beberapa kendala yang biasa di alami oleh beberapa guru SD ketika mengajar di kelas:
1.   Susah dalam mengatur siswa
2.   Mengalami kendala dalam menertibkan siswa
3.   Susah menjalin komunikasi yang cepat
4.   Tidak sabaran
5.   Menguras tenga dan emosi
6.   Mengalami kendala dengan rewel dan bandelnya sang murid.
Kendala-kendala ini terjadi sangat umum sekali, dan biasanya terjadi pada siswa yang baru menginjak kelas satu dan dua, namun apabila sudah memasuki kelas 3 dan 4 maka sang siswa akan lebih mudah untuk diatur.

Baikalah sesuai janji saya dalam judul tulisan diatas maka saya akan memberikan beberapa cara yang bias anda lakukan dalam mengajar anak SD .

1.   Gunakan metode pembelajaran yang menarik
Saya pernah menuliskan beberapa model atau metode pembelajaran yang menarik, jika anda ingin membaca dan mengapilikasikanya maka silahkan anda baca disini. Pada dasarnya anak SD yang masih tergolong anak-anak akan lebih senang di berikan sebuah cara mengajar yang baru dimana dengan metode itu mereka merasa sedang bermain namu tidak terasa jika sedang belajar. 

2.   Berikan mereka reward and punishment
Tentang bagaimana cara anda menggunakan reward and punishment ini juga pernah saya bahas pada tulisan saya sebelumnya anda bias baca disni. Kunci kesuksesan membawa anak SD larut dalam pembelajaran adalah dengan memberikan mereka hadiah ringan dan hukuman yang mendidik . 
3.   Apersepsi sangat penting
Sebelum anda masuk pada pelajaran ada baiknya anda memperhatikan apersepsi yang tepat dalam mengaitkan materi ajar anda dengan kehidupan keseharian siswa anda. Mereka jelas akan lebih tertarik di ajak belajar apabila ada kaitnnya dengan aktifitas yang biasa mereka lakukan. 

4.   Pemberian PR
Terkadang banyak guru SD yang salah kaprah dalam memberikan PR pada muridnya. Dengan tujuan agar sang murid terus belajar malah bisa menimbulkan anak-anak didik kita bermain sambil mengerjakan PR. Ada tehnik yang bias anda lakukan dalam pemberian PR yaitu, memberikan PR yang berbeda setiap kelompok siswa anda. Usahakan bagi mereka dalam kelompok sehingga mereka terbiasa bekerjasama dan saling membantu. 
5.   Sikap sabar
Sabar bukan hanya harus dimiliki oleh guru yang mengajar di tingkat sekolah dasar. Namun kebanyakan guru yang mengajar di sekolah dasar akan di latih kesabaranya, mereka pada dasarnya memiliki tugas yang sangat berat. Guru SD adalah mereka yang mendidik dan membentuk karakter murid dimasa yang akan datang.

Inilah kira-kira yang bias saya sampaikan kepada sahabat “my education” kali ini, dilain kesempatan kita akan bahas hal yang berbeda.
Salam dan selamat beraktifitas.