10 Cara Melatih Kemampuan Menulis

Cara Menulis adalah salah satu cara manusia dalam mengekspresikan ide dan gagasanya kemudian dituangkan dalam sebuah tulisan yang bertujuan mengajak, memperngaruhi dan memberikan informasi pada para pembaca. Tujuan orang dalam menulis tentulah berbeda-beda, ada yang hanya sekedar hobi, mengisi waktu luang, dan tututatn pekerjaan atau karir.

Menjadi penulis sejati yang memiliki kekuatan makna kata dalam setiap kalimat yang tertulis tentu sangatlah susah, membutuhkan banyak pengalaman dan latihan imajinasi yang kuat. Seorang penulis aktif akan cendrung katagihan dalam menulis jika tulisanya mendapatkan respon yang postif dari pembaca terlebih bisa menghasilkan konten tulisan yang bermanfaat bagi orang banyak.

Penulis adalah sebuah profesi yang unik bagi saya pribadi, seorang penulis adalah pahlawan tanpa tanda jasa yang rela menyumbangkan ide, pemikiranya secara susah payah demi menambahakhazanah pengetahuan bagi para pembaca.

Disamping banyaknya manfaat dalam menulis, saya ingin memberikan sedikit Tips agar tulisan yang dihasilkan bisa bermanfaat dan disenangi banyak orang. Langkah awalnya adalah membuat tulisan yang menarik dengan melatih kemampuan menulis kita.
Berikut adalah cara melatih kemampuan menulis secara efektif

Menulislah selagi bisa
Jangan pernah menjadikan tulisan anda sebagai beban dengan berpikiran akan mendapatkan pujian banyak orang. Mulailah menulis dari hal yang paling ringan sesuai dengan minat dan penguasaaan materi isi yang anda kuasai. Memaksakan kehendak dalam menulis juga tidak baik, karena menulis memerlukan sebuah keikhlasan nyata sehingga kata demi kata mengalir deras dari jari anda.

Gunakan beberapa model pertanyaan
Mulailah menulis dengan menggunakan pertanyaan apa, dimana, siapa,mengapa, bagaiamana, kapan, dan lain sebagainya. Model tulisan yang akurat adalah sebuah tulisan yang bisa memberikan informasi yang tepat bagi para pembaca. Mencantumkan ide pokok, tempat, siapa yang terlibat dalam tulisan anda, mengapa anda menulis topik ini dan kapan peristiwa dalam tulisan anda berlangsung adalah salah satu cara meningkatkan kualitas tulisan.

Banyak membaca
Seorang penulis akan kehabisan ide bilamana dia menulis sebuah wacana yang hanya terlintas dalam pikiranya. Perbanyaklah sumber pengetahuan anda sehingga alur tulisan jelas dan mudah dipahami.

Banyak bertanya
Bertanya adalah sebuah ekspresi rasa ingin tahu yang kuat akan sebuah kebenaran ilmu yang berlimpah, bertanya pada seseorang yang lebih ahli tentu saja akan menambah kemampuan kita dalam menulis.

Jangan takut salah
Banyak penulis sebelum ia menuliskan sesuatu masih banyak berpikir apakah tulisan ini layak untuk dibaca. Mulailah menuils dengan rasa percaya yang tinggi dengan mengandalakan intuisi anda.

Jangan terpaku pada tata bahasa baku
Ini adalah faktor yang sering membuat kita malas menulis karena terpaku dengan model penulisan gaya ilmiah yang sangat formal. Yang harus anda tahu tidak semua tulisan harus ditulis dengan EYD yang baik dan benar. Ada beberapa tulisan yang bisa menggunakan bahasa ibu, keseharian, gaul seperti tulisan fiksi dan opini.

Mantapkan pisi dan misi
Pisi dan misi dalam menulis sangat penting. Banyak orang yang awalnya menulis dari sekedar hobi kemudian menjadi jutaawan. Apakah anda tidak menginginkan hal seperti ini .

Ikuti Lomba Menuils
Lomba menulis yang banyak beredar didunia maya dan nyata pada dasarnya melatih kemampuan kita dalam mencerna sebuah masalah yang ada dalam lomba itu. Selain itu, bisa juga melatih kemampuan dasar kita dalam menulis.

Jangan pernah puas
Melihat dan membaca tulisa sendiri terkadang membuat perasaan lega, sebuah kepuasan batin bisa meyelesaikan satu tulisan. Jangan terlalu lama terdiam dalam kondisi ini, menulislah terus sampai rasa puas anda tidak berujung.

Menulis beberapa genre
Terkadang orang yang ahli dalam menulis cerita, fiksi, reportase, opini akan cendrung nyaman dengan kemampuanya itu. Mulai sekarang buatlah tulisan dengan genre yang beragam. Tujuanya cuman satu, memperluas cara pandang kita terhadap semua model tulisan dan penyampain pesan dalam setiap tulisan.

Akhir kata, hanya ini yang bisa saya bagikan pada sahabat “ My Education” dilain kesempatan kita akan lanjutkan dengan bahasan yang lainya. Semoga bermanfaat