5 Manfaat dan Pentingnya Media Dalam Pembelajaran


Media pembelajaran merupakan salah satu faktor yang menjadikan pembelajaran dikelas menjadi menarik. Media juga berfungsi sebagi alat yang bisa meringankan dan mempermudah dalam menyampaikan pembelajaran. Guru yang memanfaatkan media dalam menyampaikan pembelajaran adalah salah satu ciri guru yang kreatif. Media dalam menyampaikan materi sangat beragam, ada power Point, Macromedia Flash dan yang terbaru adalah Lecotra inspire. 

Kebanyakan guru dalam menyampaikan materi masih menggunkan media power point. Medai power point memang sampai sekarang sangat efektif dilengkapi dengan animasi dan banyak pilihan tampilan yang bisa anda sesuaikan dengan keinginan dan kebutuhanan anda.

Bagi saya media pembelajaran sangat penting. Berikut manfaat dan kepentingan yang terkandung dalam sebuah media.

Media akan memberikan variasi
Menggunkan medai akan menghilangkan rasa bosan bagi anak didik anda. biasanya anda menjelaskan dengan ceramah dan penugasan sekarang sudah beralih menggunkan media yang fuul gambar dan warna serta animasi yang bagus. Ketertarikan siswa adalah jalan utama untuk memompa semangat mereka dalam belajar. 

Tidak memakan biaya
Media adalah cara yang paling instan dalam menuliskan materi ajar ketimbang menggunakan kertas dan buku. Jika anda sudah membuat media pembelajaran dan nantinya sudah tidak dibutuhkan lagi maka dengan mudah anda hapus, hemat enrgi, biaya, dan tidak meimbulkan sampah. 

Bisa dikomersialkan
Jika anda seorang guru ahli dalam membuat media, maka ini bisa anda manfaatkan untuk menambah pundi-pundi kekayaan anda. Buatlah media semenarik mungkin, jika ada instansi yang tertarik dengan media yang anda buat, bukan tidak mungkin mereka akan menggunkan jasa anda untuk membuat media ajar disekolah mereka. 

Meningkatkan Pangkat atau Golongan
Guru yang kreatif adalah mereka yang bisa menghasilkan sesuatu. Disisi lain jika anda ingin pangkat anda naik maka silahkan berkarya dan hasilkan sesuatu yang bermanfaat untuk peserta didik anda maupun sekolah. Hal ini akan membuat anda dipadang berbeda dengan hasil karya anda dan tunggulah saatnya untuk kenaikan pangkat anda. 

Bertahan Lama
Media yang sdauh anda buat baik menggunakan PowerPoint dan yang lainya,akan bertahan sangat lama. Media yang sudah dibuat bisa disimpen di Komputer, Flasdis, Hardist dan bisa saja anda sebarkan buat teman-teman anda. Media ini akan terus berguna selagi ada materi yang sama dengan media yang anda buat.