4 Cara Melatih Kecerdasan Anak

Advertisement
Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya tumbuh normal,sehat, terlebih memiliki kecerdasan diatas rata-rata. Pola perkembangan setiap anak berbeda-beda baik deri segi fiisik dan mental. Perkembangan mental anak lebih berpengaruh pada tingkat kemampuanya dalam berpikir dan memecahkan masalah. Kecerdasan dalam berpikir tidak serta merta hadir begitu saja, harus melalui proses yang panjang. 

Proses tumbuh kembangnya kemampuann anak bisa dioptimalkan melalui dua media, yang pertama pendidikan forman dan non formal. Pendidikan formal dalam meningkatkan kecerdasan anak bisa ditempuh melalui pendidikan dibangku sekolah. Sedangkan yang nonformal bisa melalui didikan orang tua, les perivat dan keinginan kuat ingin belajar yang lahir dari anak itu sendiri. 

Secara umum ada beberapa cara yang dapat kita lakukan dalam melatih kecerdasan anak dalam berpikir. 
Langkah-langkahnya sebgai berikut:
Cara Melatih Kecerdasan Anak
Ubah Kebiasaan dalam Mendidik
Pendidikan yang paling dasar berasal dari keluarga, cobalah latih kebiasaan anak anda untuk selalu menggunkan kedua bagian otaknya, baik otak kanan dan otak kiri. Keseimbangan perkembangan antara otak kanan dan otak kiri sangat penting dalam perkembangan kecedasan anak. Salah satu contoh yang bisa dilakukan oleh orang tua dalam melatih kecerdasan otak kanan dan kiri adalah pemberian pekerjaan atau tugas rumah yang berisikan narasi, penghaytan objek dan kolaborasi dengan hitungan sederhana. Misalnya menyuruh anak anda menggambar rumah dengan ukuran-ukuran yang sudah anda tentukan.

Melatih dari Awal
Melatih adalah cara ampuh yang bisa membangun ingatan. Banyak-banyaklah memberikan informasi dan pengetahuan baru pada anak agar kecerdasanya terus berkembang.

Ikuti Perkembangan jaman
Mendidik anak harus update, jangan pernah memberikan informasi yang sudah berlalu cukup lama padaanak anda. Perkembangan ilmu dan teknologi bisa saja merubah kebenaran yang 5 tahun silam dengan kebenaran yang ada sekarang.

Gunakan sistem Pemberian Reward and Punishment
Pemberian hadiah jika sang anak dikira mampu menyelesaikan sebuah tugas dengan diiringi beberapa presatsi sangat penting. Berikan hadiah yang pantas dan bisa menunjang minat dan bakat perkembangan anak anda. Namun pemberian hukuman yang mendidik juga sangat perlu.

Kesimpulan : Melatih kecerdasan anak pada dasarnya bisa dilakukan oleh semua orang tua dengan catatan dia bisa memahami kondisi perkembangan anak. 
Semoga tulisan ini bisa bermanfaat buat kita semua. 

Tolong Share ya ^^
thumbnail
Judul: 4 Cara Melatih Kecerdasan Anak
Artikel di Publish
Komunitas Blogger Pecinta Kicot
Febriyan Cahya Yudha Lintas Resep at : 04.16
 
4 Cara Melatih Kecerdasan Anak